Sabtu, 25 Maret 2017

Manfaat Tanaman Kemuning Sebagai Obat Herbal


Kemuning mengandung beberapa senyawa dari golongan kumarin yang berhasil diisolasi seperti pranferin, murrangatin, murralonginal, isopropylidene dan murrmeranzin. Daun kemuning bisa digunakan untuk mengobati diare, sakit gigi, datang haid tidak teratur, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, pelangsing tubuh, disentri dll.
 
Manfaatnya :

ü  Meredakan sakit gigi 

Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, sakit gigi juga dapat merusak suasana hati. Nah, untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda dapat menggunakan bunga kemuning. Caranya, gores kulit batang kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Panaskan minyak alami ini dengan api kecil selama beberapa saat. Teteskan minyak ini pada gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak.


ü  Menghancurkan batu ginjal 

Untuk meluruhkan batu ginjal, haluskan 30 gram daun kemuning ke dalam blender yang berisi 150 ml air. Setelah disaring, airnya segera minum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari. 

ü  Mengobati infeksi saluran kemih 

Cuci dan rebus 35 gr daun kemuning bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut separuhnya. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum di pagi, siang, dan malam hari, masing-masing ½ gelas.

ü  Mengatasi haid tidak lancar 

Banyak wanita mengalami menstruasi yang kurang lancar. Cobalah menggunakan ramuan alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Ambil ½ genggam daun pacar kuku (Lawsonia inermis), 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun kemuning. Cuci semua bahan, kemudian diiris-iris. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas. 

ü  Meredakan nyeri akibat rematik 

Untuk menghilangkan nyeri karena gejala rematik, cobalah cara alami. Potong-potong akar tanaman tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong-potong ketiganya. Semua bahan direndam dalam mangkuk aluminium berisi air, masukkan ke dalam panic berisi air. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat. 


ü  Mengobati bisul 

Nyeri akibat bisul tentu sangat menyiksa. Untuk mengatasinya, ambil 30 gram akar kemuning kering kemudian cuci dengan air mengalir dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus bersama 3 gelas air, hingga airnya menyusut 2 gelas. Setelah airnya menjadi dingin, saring. Minum airnya di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas. 

ü  Mengobati memar 

Giling daun kemuning dan daun kaca piring, kemudian rebus dengan air selama beberapa menit. Tempelkan ramuan ini pada kulit yang memar. 8. Menurunkan kadar kolesterol tinggi Selain mengatur pola makan yang seimbang, kadar kolesterol yang tinggi dapat dikurangi dengan minum ramuan alami. Caranya, Rebus 20 gram daun kemuning bersama 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa segelas. Tambahkan 1 sdm madu murni, kemudian minum airnya. Lakukan cara ini, 3 kali dalam sehari.

Ø  Manfaat Daun Kemuning Untuk Kecantikan

ü  Melembutkan kulit 

Kulit anda kasar dan kusam? Gunakan bunga kemuning. Caranya, tumbuk 30 gram daun kemuning, setelah dicuci dengan air mengalir. Campur dengan segelas air bersih, aduk dengan merata. Terapkan pada kulit anda sebelum tidur malam, sebagai lulur. 

ü  Menurunkan berat badan 

Bunga kemuning juga berguna untuk melangsingkan tubuh. Sediakan daun kemuning dan daun mengkudu, masing-masing sebanyak segenggam. Ambil juga ½ jari temugiring. Tumbuk semua bahan hingga lumat, tambahkan secangkir air matang kemudian aduk sampai merata. Peras dan saring, minum airnya di pagi hari sebelum sarapan. Simak juga: 7 cara cepat menurunkan berat badan yang aman! 

Nah, itulah 10 manfaat daun kemuning untuk pengobatan dan kecantikan. Selain menggunakan cara di atas, anda harus menjalani gaya hidup sehat. Penuhi asupan gizi yang seimbang dan olahraga dengan teratur. Hindari semua kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar