Rabu, 22 Maret 2017

Manfaat Tanaman Daun Miana Sebagai Obat Herbal


Tanaman Miana tumbuh sumbur di daerah dataran tinggi dengan ketingian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Tanaman Miana hidup liar dan juga bisa ditemui di dataran rendah di sekitar sungai, pematang sawah, ladang dan kebun-kebun.


Sebagian masyarakat memelihara tanaman miana ini sebagai tanaman hias karena warna daunnya cukup indah. Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing dan pangkalnya membulat. Permukaan daunnya berambut, warnanya hijau keunguan dan ditepian daunnya bergerigi.


Daun Miana berkhasiat untuk mengobati penyakit wasir. Cara pengolahannya cukup mudah, siapkan 20 lembar daun miana dan satu ruas kunyit. Bersihkan keduanya sampai bersih lalu direbus menggunakan 5 gelas air. Setelah mendidih kemudian didinginkan. Dalam sehari cukup minum satu gelas ramuan ini.

Manfaatnya :

ü  Mengobati diabetes melitus 

Untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, gunakan daun iler. Caranya, cabut tanaman iler kemudian cuci dengan air mengalir. Rebus daun, batang, dan bunga miana bersama seliter air hingga mendidih selama beberapa saat. Minum ramuan ini di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas. 11 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan Tubuh

ü  Mengobati ambeien 

Kurang asupan serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang pada akhirnya berisiko terkena ambeien atau wasir. Untuk mengatasi wasir secara alami, ada dua ramuan tradisional yang dapat dibuat. 

Cara pertama, siapkan 3 rimpang kunyit, 5 lembar daun ngokilo, dan 15 lembar daun iler. Rebus tiga bahan ini bersama 5 gelas air hingga airnya berkurang segelas. Minum dengan rutin tiap hari sebanyak segelas. Cara kedua, sediakan 7 lembar daun wungu, 17 lembar daun iler, dan ½ cangkir daun pegagan. Cuci semua bahan kemudian tumbuk hingga lumat. Tambahkan ½ gelas air, aduk hingga merata. Saring dan minum airnya setiap hari. 

ü  Mengobati demam dan panas 

Jangan panik dan cemas, ketika anak anda terserang demam. Obati dengan ramuan alami. Ambil batang dan daun iler secukupnya, rebus dengan 3 gelas air hingga susut segelas. Minum di pagi dan malam hari dengan takaran ½ gelas. 

ü  Mengatasi bisul 

Rasa sakit akibat bisul muncul di kulit tentu sangat menyiksa. Atasi bisul dengan cara mudah. Basahi daun miana dengan minyak kelapa, panaskan dengan api kecil hingga layu. Kompres pada bisul untuk membuatnya cepat matang. 

ü  Sebagai pereda mulas dan sakit perut 

Rasa mulas tentu mengganggu rutinitas harian, atasi dengan ramuan herbal. Caranya, rebus akar miana bersama 2 gelas air sampai susut segelas. Saat airnya masih hangat, minum dengan segera. 


ü  Mengobati menstruasi tidak teratur

Banyak wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur, terkadang lebih cepat atau lebih lambat. Untuk mengobati gangguan kesehatan ini, gunakan daun miana. Minum air rebusan dari daun miana, beberapa hari sebelum masa haid yang biasa anda alami. 

ü  Mengatasi sembelit 

Pola makan tidak sehat dapat berdampak buruk bagi pencernaan, salah satunya adalah sembelit (konstipasi). Untuk mengatasinya, siapkan 10 lembar daun miana. Rebus dengan dua gelas air hingga menyusut setengahnya. Minum airnya dengan rutin di pagi hari. 

ü  Sebagai obat batuk dan flu 

Daya tahan tubuh yang rendah akan rentan dengan serangan penyakit, seperti flu dan batuk. Apalagi cuaca berubah-ubah di musim penghujan. Di balik rasanya yang pahit, daun miana efektif untuk meredakan batuk yang diderita oleh seseorang selama beberapa hari. Daun miana mampu mengencerkan dahak di tenggorokan dan paru-paru. Sehingga dapat meredakan influenza dan radang tenggorokan. Caranya, tumbuk daun iler dan peras untuk mendapatkan sarinya. Tambahkan 1 sdm madu dan kuning telur, aduk merata. Minum airnya dengan rutin selama 5 hari. 

ü  Mengatasi mata merah akibat iritasi 

Untuk mengobati iritasi pada mata, siapkan 5 lembar daun miana. Untuk pengobatan dari dalam, rebus bersama segelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Minum airnya dengan teratur. Untuk obat luar, remas daunnya kemudian teteskan airnya pada mata yang sakit. 

ü  Mengobati luka borok 

Untuk menyembuhkan luka yang tidak sembuh dalam waktu lama, gunakan bahan alami. Remas atau tumbuk daun iler sampai lumat, terapkan pada luka yang timbul borok. Ganti ramuan ini 3 kali dalam sehari.

ü  Mengatasi haid yang tidak lancar 

Sediakan kunyit dan 3 lembar daun iler, cuci dan tumbuk kedua bahan, Tambahkan sedikit garam dan 3 sdm air bersih, peras dan campur dengan air jeruk nipis. Minum airnya sampai habis. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara tradisional! 

Nah, itulah 11 manfaat daun iler untuk pengobatan. Kini, anda dapat menambah koleksi tanaman hias yang kaya akan manfaat kesehatan. Selain menambah keindahan pemandangan, banyak keuntungan kesehatan dapat diperoleh dengan mudah. Baca juga : Manfaat tanaman landep, klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar