Selasa, 21 Maret 2017

Manfaat Tanaman Daun Saga Sebagai Obat Herbal



Tanaman Saga banyak tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, tapi kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja. Saga termasuk tanaman gulma, dan biasanya menganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Karena dianggap mengganggu, tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian. 

Meskipun begitu, daun saga rambat biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan. Daun saga mengandung beberapa bahan aktif seperti glycyrrhizin, abrus lactone, asam abrusgenat dan turunan metilnya. Untuk mengobati sariawan dengan daun saga rambat, kamu bisa memetik daun saga secukupnya lalu di jemur di tempat yang agak panas beberapa menit sampai layu daunnya.
Setelah layu, cuci bersih daunnya kemudian dikunyah-kunyah sampai halus dan gunakan untuk berkumur juga.


Manfaat daun saga rambat bagi kesehatan. 

·         Manfaat Daun Saga Rambat Sebagai Obat Amandel 

Daun saga rambat ini dapat mengobati penyakit amandel anda. Cara mengobati amandel cukup dengan mengambil daun serta akar daun saga rambat ini. Setelah itu, cuci hingga bersih serta siapkan gula batu dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan herbal dengan 4 gelas air bersih dan sisakan air rebusan itu hingga menjadi setengah gelas. Saring air rebusan itu agar terpisah dari ampasnya. 

Minumlah ramuan ini dua kali seharai waktu pagi dan sore hari. Mengatasi Sariawan Anda terkena sariawan? Mungkin daun saga rambat ini bisa menjadi salah satu solusinya. Pertama-tama, petik daun langsung dari pohonnya dan tempatkan daun tersebut ditempat yang agak panas sampai daunnya menjadi layu. 

Langkah selanjutnya adalah cuci bersih dau yang telah layu tersebut lalu kunyah daun saga rambat itu sampai halus dan gunakan untuk berkumur. Setelah itu, muntahkan daun saga rambat tersebut.

·         Mengobati Panas Dalam 

Ambil lima belas tangkai daun saga rambat kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan setengah gelas. Setelah dingin kemudian disaring, minum rebusan herbal daun saga rambat sekali sehari. 


·         Mengobati Batuk Kering 

Biasanya banyak orang tahu bahwa batuk bisa disembuhkan dengan manfaat jeruk nipis, namun tahukah anda bahwa batuk juga dapat diobati dengan daun saga. Caranya cukup mudah, ambil beberapa tangkai daun saga dan cuci daun tersebut hingga bersih. Siapkan juga daun asam dan kayu manis kemudian rebus semua bahan tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan air tesebut sebanayk setengah gelas. Minumlah ramuan tadi dua kali sehari dengan takaran sekali minum setengah gelas. 

·         Obat Bronchitis 

Daun saga rambat ini juga dapat membantu anda yang menderita penyakit bronchitis. Anda hanya perlu mengambil lima belas tangkai daun saga yang tentunya masih segar dan cuci bersih daun tersebut. Setelah itu rebus daun saga rambat tersebut dengan dua gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. Dinginkan lalu saring air rebusan tersebut. 

Minumlah ramuan ini dengan ketentuan satu gelas satu hari. Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya anda lebih memahami bahwa tanaman saga rambat yang ada di sekitar anda ternyata memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan sesuatu dari alam karena terkadang sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata memiliki manfaat yang sangat besar layaknya daun saga rambat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar