Rabu, 31 Agustus 2016

Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung


Jerawat adalah benda kecil menyebalkan, karena jerawat tidak hanya muncul di wajah saja namun juga di punggung dan bahkan di dada kamu. iya mungkin tidak banyak orang mengetahui hal ini karena memang tidak banyak yang mengalami jerawat punggung. Tapi bukan berarti boleh kamu spelekan, karena kalau kamu sampai lengah bisa jadi jerawat bakal mampir di punggung kamu. jerawat pada bagian tubuh lebih mengerikan karena bisa menyebar keseluruh punggung dan merembet ke bagian dada kamu.


Kenapa jerawat bisa tumbuh pada bagian punggung ? yuk kita cari tahu penyebabnya.

Saya kutip dari Livestrong.com mengatakan bahwa pori-pori tubuh seperti di punggung lebih besar sehingga menjadi lading yang cepat ditumbuhi jerawat. Menurut  America of Dermatology, mengatakan penyebab jerawat terlepas dimanapun lokasi kemunculannya adalah hasil dari kombinasi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri dan peradanga.


Maka jika mengacu pada pernyataan diatas, ada beberapa penyebab yang dapat diidentifikasi merupakan faktor yang memicu jerawat di punggung. Lihatlah penjelasannya dibawah ini.

1.       Disebabkan keringat berlebih, keringat berlebih akan membuat kulitmu lembab dan mudah tertempel kotoran. Maka kalau sudah begini jerawat akan mudah muncul karena pori-pori yang tersumbat.

2.       Bisa karena pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan-bahan yang tidak mudah menyerupai keringat dan mudah panas, hal ini menyebabkan kulit susah bernapas dan iritasi kulit.

3.       Iritasi kulit akibat gesekan benda-benda tertentu, misalnya tas ransel. Penggunaan tas ransel dengan beban berat akan menimbulkan kerinat dan kulit lembab sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

4.       Kontak kulit dengan sprei dan selimut yang kotor menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat, hasilnya timbul jerawat.

Jika hal ini sudah terjadi pada diri kamu, kamu tidak susah khawatir karena solusinya ada. Dan menurut Huffingtonpost.com seorang dokter kulit bersetifikat, Jessica Weiser memaparkan beberapa cara untuk mengatasi kemunculan jerawat yang muncul di bagian punggung.

1.       Segerahlah mandi setelah melakukan aktifitas yang menimbulkan banyak keringta, agar punggung kamu tidak ditumbuhi jerawat.

Kunci utamanya adalah menjaga kebersihan kulit. Jika memungkinkan gunakan sabun pembersih yang mengandung asam salisilat atau yang berbasis sulfur untuk membuang minyak berlebih, kotoran dan bakteri dari permukaan kulit sebelum pori-pori  dan penyebab jerawat. Selain itu juga bisa menyegarkan kulit.

2.       Lakukanlah scrubbing secara teratur untuk mengankat sel-sel kulit mati sehingga tidak terifeksi oleh bakteri yang mengakibatkan jerawat.

Tidak seperti wajah, pori-pori punggung jauh lebih besar dan lebih rawan kemasukan sel kulit mati dan bakteri sehingga dapat mentolerir proses pengelupasan kulit dua minggu 3 kali seminggu untuk mempercepat pergantian sel dan menjaga pori-pori dari sel-sel kulit mati dan kotoran ‘kata weiser’

3.       Kurangi penggunaan deterjen dan pewangi yang mengandung banyak parfum, disinyalir kandungan ini menimbulkan iritasi dan kekeringan kulit.

Coba kamu pikirkan kembali saat menggunakan produk laundry yang mengandung banyak parfum. Menurut weiser, deterjen wangi dapat menyebabkan peningkatan iritasi dan kekeringan pada permukaan kulit yang akan memicu peradangan. Lapisan lilin pada pengering seprai dan pelembut kain juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

4.       Hindarilah menggunakan produk kecantikan termasuk sampo dan kondisioner yang mengandung silicon.

Seperti shampoo, kondisioner dan produk styling mengandung berbagai bahan yang sifatnya comedogenic atau menyebabkan jerawat. Kandungan sepeti sodium lauryl sulfat dan natrium laureth sulfate merupakan turunan dari silicon yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi kulit. Oleh karena itu saat kamu menggunakan shampoo hindari agar tidak mengenai punggung kamu.

5.       Jika melakukan perawatan kulit terlalu beresiko jadi kamu bisa menggunakan bahan alami seperti jeruk atau lemon.

Tahukah kamu buah lemon dapat mengobati jerawat pada punggung beserta bekasnya seperti noda atau flek hitam karena buah lemon mengandung vitamin B, vitamin C, karbohidrat serta fosfor. Caranya adalah dengan memeras satu buah lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu kamu oleskan pada permukaan kulit punggung yang berjerawat menggunakan kapas atau kain halus. Lalu kamu diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air bersih sesudahnya.

Jadi demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi jerawat punggung yang ada pada kamu. semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tebar manfaat. Baca juga : ternyata cowok juga bisa mandul, baca penjelasannya. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar