Senin, 08 Agustus 2016

Akibat Buruk Dari Kurang tIdur


Nonton bola, buat tugas sekolah atau tugas kuliah, nonton sinetron itulah hal yang sering buat kamu begadang. Ada pula anak remaja sekarang menjadikan begadang sebagai makanan sehari-hari. Menurut National Sleep Foundation, orang yang sudah baligh idealnya tidur antara 7-9 jam setiap malamnya. Nah kalau kamu biasanya tidur jam berapa ?


Tahukah kamu tidur dalam satu malam saja mungkin iya tidak akan berbahaya, tapi kalau sudah satu minggu ? atau begadang justru sudah menjadi kebiasaan kamu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun ? kalau sudah demikian maka  inilah akibat kalau kamu kurang tidur.


1.       Bisa stroke

Kurang tidur ternyata bisa mengakibatkan penyakit stroke. Dan menurut penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2012, bahwa orang yang sudah baligh yang tidur kurang dari 6 jam maka dia punya risiko empat kali lebih besar terserang stroke dari pada mereka yang cukup tidur. Maka dari sekarang dari perlu hati-hati dalam mengatur jadwal keseharian kamu.


2.       Obesitas

Obesitas sama dengan kelebihan berat badan. Dan kurang tidur ternyata mampu jugah berpengaruh sama pola makan. Biasanya orang yang kurang tidur bakal makan lebih banyak dan agak cendrung suka junk food. Maka hal ini sudah dibuktikan dengan 18 penelitian pada tahun 2012 ‘bahwa pola akan dan pola tidur memang berkaitan sangat dengan obesitas.

Kurang tidur akan berdampak pada perubahan hormon dalam tubuh. Dan produksi  ghrelin atau hormone yang menambah nafsu makan akan bertamah. Sementara produksi leptin atau hormon yang mengontrol pola makan akan berkurang. Nah sekarang tidak aneh lagi kenapa malam-malam kamu pasti lapar.

3.       Resiko diabetes

Ada penelitian pada tahun 2012 membuktikan kalau kurang tidur bisa mempengaruhi insulin atau penyakit diabetes. Hasil penelitian National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases pada beberapa remaja menjelaskan kalau salah satu remaja yang paling sedikit tidur ternyata punya resistensil insulin ertinggi. Hal ini berarti fungsi insulin tidak efektif. Selain itu terdapat juga sel lemak yang mengindikasikan kalu kurang tidur mengakibatkan resistensi insulin pada sel-sel itu.

4.       Daya ingat melemah

Iya mungkin wajar kalau kamu mudah lupa atau tidak fokus ketika tubuh kamu lelah. Dan ternyata kurang tidur bisa mengakibatkan penurunan daya ingat secara permanen. Makin sedikit kamu tidur maka makin lemah pula kemampuan ingatanmu. Dan parahnya lagi kurang tidur berakibat kerusakan otak yang kemudian bisa berakibat hilang ingatan. Jadi bahayakan!

5.       Osteoporosis

Banyak para peneliti menemukan perubahan kepadatan mineral tulang dan sumsum pada tulang-tulang tikus yang kurang tidur selama 72 hari. ‘Steven R.Goodman, Ph.D editor utama dari experimental Biology and Medicine mejelaskan bahwa hasil yang sama mungkin terjadi pada manusia bahwa ada kaitan antara kurang tidur dan osteoporosis

6.       Kanker

Meskipun masih belum pasti tapi penelitian terus berlanjut dan hasilnya rata-rata sama, yang menunjukkan bahwa kurang tidur berakibat pada jenis kanker tertentu. Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolorektral, 338 diantaranya biasa kurang dari 6 jam. Pada penelitian selanjutnya juga menyebutkan bahwa polip adalah umum bagi mereka yang kurang tidur, selain itu risiko kanker payudara juga mengancam kamu yang habi bergadang.

7.       Serangan jantung

Kurang tidur juga akan mengakibatkan stress dan tegang serta mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan zat kimia dan hormone yang bisa mengakibatkan jantung. Dan menurut penelitian menunjukkan risiko mereka yang kurang tidur adalah 48%.

8.       Kurang tidur sama dengan mati muda

Sekarang kamu percaya tidak percaya bahwa orang-orang yang kurang tidur ternyata terindikasi mati muda. Risikonya akan lebih besar dari pada mereka yang tidur cukup yaitu sekitar 6,5 – 7,5 jam setiap malam. Dan faktanya pria ayang tidur kurang dari 6 jam berisiko 4x lebih besar buat meninggal pada periode 14 tahun. Waah bahayakan!

Jadi meskipun risiko begadang atau kurang tidur lumayan serem, tapi kamu bisa mencegah semuanya. Kamu bisa mengotrol waktu tidurmu sendiri kan? Sekarang cobalah belajar disiplin buat kesehatan kamu sendiri. Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar