Senin, 29 Agustus 2016

Kamu Wajib Tahu! 7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi


Apakah yang menentukan kesuksesan hidup seseorang? Banyak hal tentunya. Tapi jika dikaitkan dengan kecerdasan seseorang, ternyata 80% kesuksesan kita ditentukan oleh kecerdasan emosional. Tidak hanya itu, emotional intelligence juga begitu berpengaruh untuk menjaga tingkat pengelolaan stress yang kamu alami. Orang-orang yang meiliki kecerdasan emosional tinggi biasanya cenderung memilki kemampuan kerja yang memuaskan, kesehatan fisik dan mental yang stabil, serta kemampuan komunikasi yang efektif.


Saya mau Tanya. Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi? Kalau kamu belum tahu coba simak tanda tanda dibawah ini. bisa jadi nanti kamu termasuk orang yang berpeluang lebih besar untuk meraih kesuksesan.


1.       Kecerdasan emosional membuatmu tahu bagaimana cara membuat hidupmu dan orang disekitar lebih bahagia dan bermakna.

Dimanapun kamu berada, kamu yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan selalu membawa kebahagiaan bagi orang lain. Dan dalam hal ini kebahagiaan yang dimaksud tidaklah sebatas pada kekayaan saja tapi bagaimana kamu mensyukuri nikmat yang didapat. Kamu juga berusaha membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Secara tidak langsung keberadaanmu saja akan membuat mereka yang ada disekitarmu merasa bahagia. 

2.       Kamu adalah orang yang siap melupakan kegagalan masa lalu, demi masa depan yang berharga.

Yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan selalu berusaha untuk memikirkan segala sesuatu yang perlu dilakukan dimasa depan. Dengan kata lain kamu adalah orang yang selalu siap untuk melupakan masa lalu dan memaafkannya. Padahal itu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, tapi kamu selalu berusaha. Bagi kamu masa lalu adalah pelajaran yang sangat berharga untuk membuka mata.

3.       Kamu dengan mudah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri sendiri.

Kemampuan ini tidak semua orang memiliki kesadaran diri yang jujur tentang dirinya sendiri. Namun kamu yang memiliki kecerdasan emosional akan tahu betul bagaimana cara untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dirimu sendiri. Tidak hanya itu kamu juga mampu menganalisis bagaimana cara terbaik untuk memaksimalkan kekuatan dan mengatasi kekurangan kamu. kesadaran itulah yang melahirkan kepercayaan diri yang kuat, sehingga membuat kamu mampu dengan cerdas  mengendalikan karaktermu.

4.       Kamu tidak megalami kesulitan untuk fokus dalam melakukan dan memperhatikan sesuatu.

Kalau kamu termasuk dalam orang yang mudah fokus terhadap apa yang kamu lakukan dan kamu perhatikan maka itu menandakan kecedasan emosional kamu tingkat tinggi. Jika itu benar maka teruslah berusaha untuk menjaganya, karena fokus dengan apa yang kamu kerjakan adalah kemampuan yang dapat membantu hidup kamu.

5.       Saat menginginkan sesuatu, kamupun mampu mendorong dirimu untuk meraihnya dengan segera.

Bukan ambisius. Kamu yang cerdas secara emosional akan berusaha memotivasi dirimu sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan. Ketika kamu sudah mengetahui dengan pasti apa yang ingin kamu dapatkan, kamu akan mematiskan bahwa kamu pasti bisa meraihnya. Pikiran seperti ini akan membuat kamu terus gigih berjuang dan tidak sering mengeluh dalam perjalananya. Inilah yang akan menjadikan dirimu sebagai pribadi yang positif dan pantang menyerah demi apa yang telah kamu cita-cita.

6.       Pribadimu utuh karena aspek jasmani, rohani, emosional dan sosialmu sudah saling melengkapi.

Kamu harus bahagia karena pribadi kamu memiliki kepribadian yang utuh. Karena kamu memiliki empat aspek utama dalam hidup. Yaitu aspek emosional, sosail, jasmani, dan rohani. Setelah saling mengisi satu sama lain dan semua berfungsi dengan selaras tanpa menjadi beban berat dalam hidup kamu. dan yang paling hebat kamu mampu menjaga keseimbangan semua aspek agar tetap berjalan sesuai porsinya.
 
7.       Soal cinta. Bagimu tidak sebatas tentang menjalani hidup bersama, tapi juga tentang menciptakan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Ketika dalam berkeluarga, bersahabat, ataupun dalam pasangan, kamu selalu bisa untuk menempatkan diri dan menciptkan ikatan yang kuat berdasarkan dari rasa saling menghargai dan rasa saling percaya. Hal inilah yang membuat kamu merasa tidak pernah lelah dalam berbuat baik.

Sekarang dengan tulisan ini kamu bisa intopeksi diri, dan poin berapa saja yang ada pada diri kamu. seandainya tidak ada maka kamu belum terlambat untuk menjadi pribadi yang cerdas dalam mengelola emosi. Dan percayalah kamu pasti bisa lebih baik untuk menciptakan semua poin yang ada di atas pada diri kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar