Rabu, 17 Agustus 2016

Manfaat Makan Cokelat, Kamu Semua Harus Tahu!


Semua orang pasti suka cokelat, apalagi anak-anak. Gambarnya saja sudah membuat kita tergiur untuk mencicipinya apalagi saat mencicipinya pasti kamu melahapnya. Rasa manisnya begitu khas, bercampur dengan sedikit rasa asin yang membuat kamu tidak bisa berhenti memakannya. Tapi ada juga sebagian kamu yang khawatir akan efek coklat terhadap berat badan. Dan pada akhirnya kamu pun akan membatasi diri dari konsumsi produk yang nikamat ini.


Kamu harus tahu bahwa coklat tidak hanya memberikan rasa yang lezat saja tapi berbagai penelitian telah membuktikan bahwa cokelat memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuhmu. Yuk kita simak beberapa manfaat dari cokelat. 


1.       Cokelat baik untuk jantung

Makan cokelat hitam sebanyak 6,7 gram setiap hari dapat membantumu menjaga kesehatan jantung kamu. karena cokelat hitam tidak mengandung kolestrol, sehingga tidak akan membaut tekanan darah kamu naik dan lemak kamu menumpuk. Justru dapat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko terkena serangan jantung atau stroke sebesar 39%. Selain itu cokelat hitam merupakan agen inflamasi yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.


2.       Membantu menurunkan berat badan

Cokelat hitam memiliki serat yang tinggi, sehingga membuat kamu cepat merasa kenyang. Dan menjadikan cokelat hitam sebagai cemilan akan menurunkan hasrat untuk memakan makanan manis, asin, dan berlemak . jadi sangat pas untuk kau yang lagi diet.

3.       Menimbulkan perasaan bahagia

Cokelat memiliki kandungan phenethylamine yang mampu mengahasilkan hormone endorphin dalam tubuh. Hormone ini dapat membuat kamu merasa bahagia, hormone ini sama dengan hormone saat jatuh cinta. Inilah alasan kenapa cokelat banyak dijadikan hadiah untuk sang kekasih.

4.       Mempercantik kulit wajah

Ternyata cokelat hitam tidak hanya untuk dimakan saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai masker wajah. Jika hal ini kamu lakukan maka wajah kamu menjadi lebih berkilau dan tidak berjerawat. Dan sangat cocok untuk kulit yang berminyak.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama kamu lelehkan cokelat hitam dengan cara ditim hingga cair sambil diaduk. Setelah itu kamu tambahkan garam secukupnya dan diamkan hingga cukup dingin tanpa jadi mengeras. Dan kalau sudah dingin kamu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu sekitar 20 menit dan bilas dengan air hangat.

5.       mengurangi stres

cokelat hitam memiliki kandungan anandamin dan serotonin yang merupakan antidepresan alami. Dan makan cokelat hitam saat stress dapat membantu menurunkan kadar hormone stress kortisol dan membuat kerja otak kamu menjadi lebih tenang.

6.       Memperlancar peredaran darah

Tahukah kamu cokelat memiliki sistim kerja aspirin yang bersifat anti pengumpalan darah. Oleh karena itu makan cokelat dapat memperlancar peredaran dan sirkulasi darah dalam tubuh. Dan lancarnya peredaran dan sirkulasi darah akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar, otakmu lebih rileks dan syarafmu lebih waspada dan kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

7.       Menutrisi rambut

Makan cokelat hitam dapat memberikan nutrisi pada rambut kamu dari dalam tubuh. Tapi rambut juga perlu nutrisi yang berasal dari luar, seperti creambath, hair spa atau masker rambut. Dan selain dari dalam tubuh cokelat hitam juga bisa menutrisi rambut kamu dari luar dengan menjadi bahan utama krim perawatan.

Kandungan protein dalam cokelat hitam dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lembab, sehingga tidak mudah patah dan tumbuh dengan subur. Dan kandungan polifenol yang ada dalam cokelat dapat mencegah pertumbuhan bakteri pemicu ketombe.

8.       Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan bermanfaat mencegah radikal bebas dan penuaan dini. Dan cokelat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Makan cokelat akan mengurangi risikomu untuk terkena beragai penyakit yang disebabkan zat radikal bebas seperti kanker.

9.       Membuat kulit tubuh lebih berkilau

Setelah kamu merawat rambut dan wajah dengan cokelat, sekarang rawatlah tubuh kamu dengan cokelat hitam ini. caranya sangat mudah, dengan melakukan lulur dan masker tubuh berbahan dasar cokelat hitam. Kalau butuh bantuan datang saja salon terdekat.

10.   Membantu meredakan batuk

Sudah menjadi biasa orang tua kamu menegur kamu makan cokelat pada saat kamu lagi batuk, seolah-olah cokelatlah penyebabnya. Padahal senyawa kakao yang menjadi bahan dasar cokelat hitam memilki  kandunagn yang dapat mengurangi gejala batuk kronis. Jadi mulai sekarang jangan takut lagi ya. Kalau tenggorokan kamu sudah gatal dan menunjukan gejala akan batuk maka makanlah cokelat hitam 1 batang kecil setiap hari.

Demikianlah penjelasannya, dan mulai dari sekarang jangan lah kamu menganggap cokelat sebagai monster yang jahat lagi ya… baca juga : manfaat memiliki jenggot dan kumis tebal bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar