Selasa, 09 Agustus 2016

Kabar Gembira! Inilah Manfaat Kulit Manggis


Kabar gembira yang harus kamu tahu dari sekarang ternyata kulit manggis ada ekstraknya. Belakangan ini ekstrak kulit manggis sepertinya lagi ngetop dan tren sekali. Saking hitsnya sampai-sampai muncul game di platform android.


Meskipun demikian apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat kulit manggis ? apakah kamu sudah tahu manfaat dari manggis secara keseluruhannya ? dan benarkah manfaatnya sehebat jigle iklan yang selalu nempel dikepala itu ? hehehe yuk kita cari tahu jawabannya.


1.       Kandungan buah manggis

Perlu kamu ketahui bahwa manggis adalah buah tropis asli Indonesia yang kaya manfaat. Kalau durian di Indonesia disebut dengan raja buah maka manggis ini disebut dengan ratu buah. Pohonnya bisa tumbuh mencapai 25 meter waw tingginya… selain itu buah ini juga disukai karena rasanya yang manis bercampur asam.

Inilah kandungan gizi dari  manggis, setiap 100 gram buah manggis mengandung 79,2 gram air, 0,5 gram protein, 19,8 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor, 0,9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B 0,09 mg, vitamin B2 0,006 mg, dan terakhir vitamin B5 0,1 mg. sementara kulit manggis yang bewarna gelap keliatannya memang tidak menarik dan biasanya langsung kamu buang. Tapi tahukah kamu ternyata justru yang gelaplah yang mengandung berbagai senyawa yang kaya manfaat untuk kesehatan.


2.       Senyawa ajaib bernama xanthone

Ternyata kulit manggis mengandung xanthone, senyawa polifenol aktif yang berperan penting sebagai antioksidan. Senyawa inilah yang dipercaya punya banyak khasiat bagi kesehatan kamu. senyawa xanthone sangat jarang ditemukan di alam bebas dan dari 200 senyawa xanthone yang teridentifikasi, 40 diantaranya terdapat pada kulit buah manggis.

Perlu kamu ketahui bahwa senyawa xanthone yang terkandung dikulit manggis antara lain meliputi mengostin, mangostenol, mangostenol A, Mangestenol B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin dan gartanin. Selain xanthone kulit manggis juga kaya dengan tannin, asam fenolet dan antosianin.

Lalu apa manfaatnya untuk tubuh kamu ? yuk kita simak.

1.       Anti kanker

Manggis adalah obat ampuh yang digunakan dari dulu secara turun temurun, menurut penelitian, senyawa xanthone bersifat antiproliferasi dan apoptosis yang efektif memerangi pertumbuhan sekaligus memusnahkan sel kanker yang meliputi kanker paru, kanker hati, kanker payudara, kanker usus dan leukemia.

2.       Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Antioksidan yang sangat melimpah serta kandungan mineral seperti mangan, tembaga dan juga magnesium pada manggis dipercaya mampu melancarkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolestrol, mencegah pengerasan pembuluh darah dan juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

3.       Menjaga kesehatan pencernaan

Sangat ampuh ternyata senyawa xanthone membantu menjaga fungsi pencernaan kamu. selain itu rebusan kulit manggis juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare karena kandungan yang berfungsi sebagai antibekateri.

4.       Menangkal zat radikal bebas

Selain kaya antioksidan ternyata manggis juga mengandung katekin yang lebih efektif dari vitamin C da E untuk menangkal zat radikal bebas.

5.       Mencegah infeksi

Xanthone yang terkandung didalamnya dapat dipercaya bisa membantu infeksi virus, bakteri dan jamur, serta mempertahankan system imun.

6.       Menyembuhkan asma

Dan manggis juga sangat bermanfaat sebagai anti histamine dan anti inflamasi, sehingga bisa membantu megurangi asma dan reaksi alergi.

7.       Menjaga berat badan

Meskipun manis manggis bisa membantu kamu yang ingin diet. Xanthone membantu kamu menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan kolestrol jahat dan memperbaiki metabolism.

8.       Menjaga system saraf

Selain itu manggis juga dapat membantu kesehatan system saraf dan mencegah penyakit-penyakit saraf seperti demensi dan Alzheimer.

9.       Mencegah gangguan penglihatan

Waw manggis ternyata mampu dan bisa mencegah katarak dan glaucoma jadi hebat sekali ya buah manggis ini.

10.   Mencegah penuaan

Seperti yang dikatakan oleh Edward Cullen ‘paling tidak antioksidan dalam manggis bisa mempertahankan keremajaan kulit dan mencegah osteoporosis.

Kalau kita gali lagi lebih dalam sebenarnya masih banyak manfaat manggis yang belum kita sebutkan. Dan belum lagi kulit manggis yang bisa kita jadikan jus yang manyak ekstaknya. Setelah tahu dari manfaat dari manggis ini saya harapkan kamu semua tidak meremehkan lagi manggis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar