Jumat, 12 Agustus 2016

Warning! Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan Mulai Sekarang!



Seharusnya setiap kegiatan yang kamu lakukan harus produktif. Dan janganlah melakukan aktifitas yang tidak perlu yang termasuk kebiasaan buruk. Sekarang suka atau tidak kebiasaan buruk itu jelas tidak baik buat kamu, baik secara mental, psikologis, emosional bahkah social. Sebagian kebiasaan buruk memang susah dihilangkan tapi selama kamu konsisiten pasti kamu bisa. Ini kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan. 


1.       Makan saat stress

Sangat banyak orang mengalami kecenderungan untuk makan lebih banyak sewaktu sters, sedih, takut, atau bahkan senang. Yang jelas itu bukan karena lapar, tapi karena emosimu butuh pelampiasan. Dan makan saat stress memang membuat kamu lebih tenang, tapi perasaan itu tidak berlangsung lama. Dan makan bukanlah cara melampiaskan emosi yang sehat dan akan berpengaruh buruk pada pola makanmu.


2.       Gigit-gigit kuku

Jadi selain tidak higienis kebiasaan menggigit kuku juga bisa mengakibatkan gigimu tumbuh tidak teratur sampai masalah pencernaan seperti cacingan. Selain itu kuku kamu juga bisa menjadi cacat dan teman-temanmu bisa menjauhimu. Sekarang pahami dulu apa yang memicu kebiasaan menggigit kuku, lalu diubah dengan perilaku yang lebih positif. Contohnya ganti dengan jalan-jalan sebentar atau mebaca alqur’an.

3.       Berkumpul dengan orang berkelakuan buruk

Kamu pasti pernah berkumpul dengan orang yang mengatakan ‘kamu tidak bisa’ mencapai tujuan kamu. jika pernah kurangilah berkumpul dengan orang semacam ini, karena itu adalah teman yang negative, seringlah berkumpul dengan orang yang leih suportif dan bisa memberikan yang kostruktif. Dengan demikian kamu bisa pede dan bahagia dengan tujuan kamu.

4.       Bersama dengan orang yang tidak menghargaimu

Kamu pasti pernah mengalami hal seperti ini. ‘berusaha menyenangkan orang-orang yang sebenarnya tidak tidak memedulikan kamu, dan rela menunggu seseorang yang tida pernah menanti kamu. memberi tampa mengahrapkan imbalan itu bagus, tapi kamu tetap harus menjaga jarak dengan orang yang menghargai kamu. cepat atau ambat mereka akan meluaki hati kamu.

5.       Merokok

Sekarang bercerailah dengan rokok karena rokok adalah teman yang buruk buat kamu. karena rokok dapat menyebabkan penyakit kronis, bahkan kematian. Jadi kebiasaan ini sudah sepantasnya kamu tinggalkan.

6.       Minum alkohol

Selain hukumnya haram alcohol juga bisa membuat kecanduan, minum alcohol juga bisa menimbulkan gagguan fungsi organ tubuh seperti hati. Dan ingat sangat banyak kasus orang meninggal akibat keracunan alcohol ini.

7.       Makan junk food

Junk food memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup, karena dimana-mana kamu bisa menemukan restoran waralaba yang menyediakan kentang goreng, burger, dan juga soda. Junk food memang enak dan mudah didapat, tapi tahukah kamu kalau konsumsi makanan cepat saji ini bisa mengubah kerja otak dengan cara yang serupa dengan kecanduan narkoba. Jadi bahayakn.
8.       Menonton televise yang lama

TV bisa membuat kamu tidak menjadi produkitf, TV bukanlah hidupmu, karena kamu tidak akan mati kalau tidak menonton TV. Sebenarnya kamu bisa menggunakan waktumu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan produktif, misalnya melakukan hobi seperti menulis, berolahraga, kumpul bareng, bertukar ide dll.

9.       Terlambat

Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar kamu tidak terlambat dalam beraktifitas. Untuk menghindari terlambat kamu bisa mencoba untuk datang lebih awal. Selain kamu bisa mengantisipasi keadaan seperti  arus lalu lintas yang padat, kamu juga bisa lebih santai. Datang lebih awal dan harus menunggu ? itu tidak masalah, karena kamu bisa menunggu sambil baca buku, baca alquran dll. Lebih baik menunggu dari pada ditunggu.

10.   Berada dalam hubungan cinta yang sehat

11.   Menunda sampa tenggat waktu

Sudah menjadi kebiasaan bergadang untuk mengerjakan tugas karena besok tenggat waktu. Begadang mengerjakan tugas itu tidak enak dan melelahkan. Kebiasaan ini akan merusak tubuh kamu dan akan membuat mental kamu down karena kamu berada dalam kondisi penuh tekanan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

12.   Berfokus sama hal-hal negatif

Mengkritisi dan berfous pada hal negative memang lebih mudah, tapi itu tidak menginspirasi kamu untuk berbuat lebih baik. Karena itu latihlah diri tiap kali kamu berhadapan dengan sesuatu yang negative, dan carilah tiga hal baik yang dapat kamu temukan dari pengalaman itu. Dengan demikian kamu akan lebih terasah untuk memandang sesuatu secara baik.

Benar, mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik memang tidak bisa dilakukan dalam semalam. Tapi asalkan kamu konsisten dan niat yang kuat maka kamu pasti berhasil. Karena tidak ada yang tidak mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar