Senin, 29 Agustus 2016

Ternyata Cowok Juga Bisa Mandul! Berikut Mitos dan Cara Pencegahannya



Ada banyak yang sering bertanya, apakah kemandulan juga bisa menimpa kaum adam, meski secara biologis mereka tidak mengandung atau hamil. Keadaan dimana sistim reproduksi pria yang kurang normal ini juga sangat berpengaruh pada kualitas sperma. Yakni ketidakmampuan sperma untuk membuahi sel telur, meski telah dilakukan berkali-kali. 

Dari beberapa sumber yang terpercaya maka pada artikel kali ini saya akan menyajikan beberapa mitos soal kemandulan pada pria hingga cara pencegahanya, mulai dari A-Z yang wajib kamu tahu.

Dalam istilah medis mandul disebut dengan infertile. Kemadulan adalah ketidak mampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah satu tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur 2-3 kali dalam sepekan. Kemandulan sangat kompleks dan harus sangat serius ditangani karena penyebab kemadulan bisa saja terjadi dari kedua belah pihak, baik dari istri maupun dari suami.


Lihatlah penjelasannya dibawah ini.

1.       Mengurangi kebiasaan merokok dan minum alcohol adalah hal paling mendasar, sebelum kamu melakukan langkah-langakah besar

Kamu pasti tahu ada peringtan disetiap bungkus rokok. Iya selain menyebabkan kanker serangan jantung merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi. Dan salah satu gangguan alat reproduksi yang mungkin terjadinadalah kurang produktifnya sperma. Dan kandungan nikotin dan zat-zat dari alcohol yang menjadi utam melemahnya kerja organ reproduksi, khusunya pria. Dengan perlahan akan mengurangi, mungkin momok kemandulan akan sirna begitu saja.


2.       Jagalah pola makan secara teratur

Tubuh kamu butuh banyak asupan vitamin agar kesuburan alat reproduksi terjaga. Dan agar sperma memiliki kualitas terbaik, kamu juga perlu menambah asupan vitamin dan nutrisi harianmu. Oleh karena itu cobalah untuk banyak makan vitamin A, B12, C dan E agar kualitas sperma tetap baik. Zinc juga bagus untuk menjaga kesehatan prostat.

3.       Sebisa mungkin minimalisir stress. Ini bukan pemicu utama tapi tetap berpengruh juga

Ingat kesehatan mental sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kamu. untuk itu kamu harus benar-benar menghidari stress berlebihan. Dan jangan sampai tekanan pekerjaan atau tekanan hidup menimbulkan stress pada pikiran kamu. karena sperma bisa menurun kualitasnya karena stress. 

Banyaklah liburan dan dan menghabiskan waktu dialam terbuka minimsl 1-2 kali seminggu.

4.       Bugarkan tubuh serta pikiran dengan rutin berolahraga ringan

Semua orang tahu bahwa olahraga yang rutin itu wajib dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh. Hanya saja yang jarang diketahui orang adalah dampak dibalik olahraga yang tidak teratur dan dalam porsi berlebih. Jogging dan berenang sangat baik untuk kebugaran, tapi tidak dengan olahraga berat dan terlalu diforsir yang justru berdampak pada kualitas sperma serta kelainan organ reproduksi.

5.       Jangan terlalu lama berendam dengan air hangat. Karena kualitas sperma bisa memburuk.

Berendanm dengan air hangat juga bisa membuat badan kamu terasa lebih rileks. Hanya saja tidak boleh terlalu sering. Merendam alat reproduksi kmu kedalam air bersuhu hangat dan dalam frekuensi yang lama bisa mengurangi reproduksi sperma.

6.       Beralihlah ke celana dalam longgar karena bisa menstabilkan suhu testis. Jangan hobi pakai yang ketat

Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat dan dalam frekuensi yang sering dapat meningkatkan suhu bagian bawah tubuh kamu. meningkatnya suhu tersebut akan mempengaruhi kinerja dari testis kamu sehingga kualitas sperma yang diproduksi jadi menurun.

7.       Kurangi penggunaan laptop dan handphone berlebih. Usahakan jangan menaruhnya disekitar alat kelamin

Sudah wajar sebagai generasi yang hidup di era teknologi digital, hidunya tidak bisa terlalu lama lepas dari gadget. Mulai dari nonton film, mengerjakan tugas sampai kelelahan, semua kamu lakukan dengan gadget kamu. namun usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakannya, karena gelombang panas yang muncul dari gadget bisa mempengaruhi kinerja skrotum dan mematikan sperma.

8.       Menaruh HP disaku celana berpotensi bahaya.

Sebuah peneliti dari University of Exeter, Dr Fiona Matthews menemukan bahwa pergerakan sperma jelas dapat terpengaruh radiasi ponsel, terutama bila ponselnya disimpan disaku celana. Radiasi yang terlalu dekat dengan organ intim pria yang dapat menyebabkan kualitas sperma turun sampai 90%. Waw bahaya.

Kamu harus tahu bahwa menjaga testis bagi seorang pria sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa membuat suhu disekitar testis meningkat. Yakni jangan sering-sering menaruh HP atau gadget yang lain disaku celana.

Mulai dari sekarang kamu harus serba hati-hati jika kamu masih punya keinginan untuk memiliki keturunan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tebarlah manfaat seluas-luasnya. Baca juga : 5 cara berhenti merokok. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar