Selasa, 23 Agustus 2016

5 Cara Berhenti Merokok



Wacana harga rokok 50.000 perbungkus sudah diwacanakan oleh pemerinahan Jokowi Agustus 2016 kemaren. Wacana pemerintah ini pun disepekati oleh Anggota DPR RI, dan kebijakan ini akan berlaku mulai bulan September mendatang. 

Jika kebijakan ini benar-benar diterapkan maka jutaan perokok Indonesia akan berpikir 100 derajat bagaimana cara berhenti dari merokok yang efektif. Sangat banyak orang yang punya keinginan berhenti merokok dan sudah memulai programnya akan tetapi selalu gagal. Maka 5 cara ini akan membuat anda berhasil dengan rencana kamu yang ingin berhenti merokok.

Perlu kamu ketahui bahwa gaya hidup merokok sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Tapi hanya segelintir orang bisa merokok pada waktu itu, karena rokok pada zaman itu merupakan benda yang cukup mahal dan bergaya jadi hanya orang-orang kerajaan yang bisa merokok. Jadi hal itu sudah berubah 180 derajat, dan hampir semua orang dewasa sekarang ini mengenal rokok dan dari 10 orang dewasa 7 dari 10 orang tersebut merokok. Rokok pun sangat mudah didapatkan bisa dengan mudah dibeli diwarung-warung terdekat.


Namun dari kenikmatan rokok tersebut ternyata rokok mengundang banyak sekali permasalahan bagi kamu, khususnya untuk kesehatan kamu. dan menurut data yang saya dapatkan dari metronews ada 46 orang yang meninggal setiap jamnya karena rokok. Waw sungguh berbahaya.

Melihat dua fakta diatas maka saya rasa sangat perlu untuk menghentikan kebiasaan buruk ini agar setidaknya kamu dapat menghindari risiko kematian tersebut.  Jadi perhatikanlah caranya dibawah ini.

1.       Dengan makan permen

Ternyata makan permen dapat membantu dan mencegah rasa ingin merokok. Dan pada saat kamu merasa asam pada mulut dan ingin merokok, maka segeralah kamu makan permen dan saat itu pula rasa ingin merokok kamu akan terhenti sementara. Oleh karena itu usahakan untuk menyiapkan permen disetiap tempat yang menjadi rutinitas kamu seperti dimeja tamu. Meja kerja, meja santai dan ditempat lainnya.


2.       Perbanyak olahraga atau aktifitas gerak lainnya

Dengan kamu sering berolahraga maka kamu tidak akan terpikirkan untuk merokok karena otak sedang kosentrasi dengan olahraga yang sering kamu lakukan. Misalnya kamu bermain fulsal, basket, renang dan lain-lain. Setelah kamu olahraga usahakan untuk minum air putih saja dan jangan minum air yang lain agar tidak memancing rasa ingin merokok anda muncul lagi.

3.       Minta support dari keluarga dan teman

Kamu harus tahu bahwa dengan support dari keluarga dan teman-teman untuk membantu kamu berhenti merokok akan terasa lebih ringan dibanding kamu melakukannya sendiri saja. Dan biasanya keluarga kamu dan teman-teman yang lain kan membantu memberikan motivasi dan menjauhkan kamu dari segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok.

4.       Konsumsi buah setiap hari

Kamu bisa mencoba ini, untuk menghilangkan dampak tidak sehat dari merokok kamu bisa mengkonsumsi vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah. Kamu usahakan untuk makan buah setiap hari, setelah makan. Dan bisanya seorang perokok aktif pasti akan merokok setelah makan. Nah sekarang kebiasaan tersebut harus kamu ganti dengan makan buah. Selain membantu mecegah rasa ingin merokok makan buah juga sangat baik untuk memulihkan kesehatan kamu yang terganggu dari rokok tersebut. Ada pun jenis buah yang bagus untuk kamu para perokok adalah kiwi, jeruk, apel, pisang, blueberry dan lain-lain.

5.       Komitmen dan tekad

Terakhir kamu siapkan mental. Bulatkan tekad dan tetapkan komitmen kamu kalau kamu memang benar-benar ingin berhenti merokok.  Karena inti dari berhenti merokok adalah disini. Dan ingat ke empat cara diatas akan menjadi sia-sia kalau kamu tiak mempunyai komitmen dan tekad yang bulat untuk berhenti merokok. Dan pastikan kamu yakin akan menang.

Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, tapi tidak ada yang tidak mungkin di atas dunia selama masih ada keinginan. Oleh karena itu saya sangat mendukung sekali jika kamu ingin hijrah dari kebiasaan buruk ini. semoga dengan tips atau cara di atas bisa membantu kamu dalam menyukseskan  program stop merokok sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar