Jumat, 12 Agustus 2016

Akibat Duduk Terlalu Lama. Olahraga tidak akan cukup menangkalnya!


Duduk merupakan aktifitas yang paling nayaman. Meskipun demikian duduk terlalu bisa juga membunuhmu. Sekarang coba tunjuk tangan siapa diantara kamu yang duduk lebih 8 jam sehari ? jika ada maka itu merupakan kabar buruk buat kamu, karena olahraga sekalipun tidak akan bisa menghilangkan efek buruk dari duduk kelamaan.


Ini faktanya, duduk terlalu lama akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti kanker, diabetes dan juga penyakit jantung. Saya bukannya nakut nakutin tapi ini sebuah penelitian yang memriksa sekitar 70.000 kasus kanker menemukan bahwa duduk terlalu lama berhubung dengan 24% peningkatan risiko kanker usus, 32% peningkatan risiko kenker endometrium dan 21% peningkatan risiko kanker paru-paru.


Meskipun kamu olahraga rutin ternyata tidak bisa menghilangkan begitu saja risiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh duduk kelamaan. Bahkan kamu yang sudah melakukan latihan fifik secara rutin sesuai rekomendasi ternyata tetap memiliki risiko yang sama dengan mereka yang tidak beraktifitas fisik. Kenapa bisa ? yuk kita lihat.

1.       Duduk terlalu lama akan membuat berat badan naik. Yang akan memicu risiko penyakit.

Jika kamu duduk kelamaan maka kamu cuman membakar sekitar 1 kalori per menit. Kegemukan atau obesitas sudah terkenal sebagai faktor risiko dari berbagai penyakit kronis. Risiko kanker datang karena obesitas bisa meningkatkan penolakan terhadap insulin dan peradangan, dua dari banyak hal yang diketahui meningkatkan risiko kanker untuk orang-orang yang berat badannya diatas rata-rata. Ditemukan juga hubungan antara obesitas dan kekurangan vitamin D, yang bisa mengakibatkan peningkatan risiko kanker usus.


2.       Duduk terlalu lama akan membuat otot tidak aktif dan mengacaukan sinyal-sinyal biologis dari tubuh ke otak

Duduk terlalu lama bisa membuat otot yang besar menjadi tidak berfungsi atau nganggur. Dan saat tidak berfungsi otot-otot itu berhenti mengirimkan sinyal untuk membentuk enzim pembakar lemak yang mengakibatkan kolestrol melonjak dan menganggu fungi metabolic lainnya. Dan duduk selama beberapa jam juga menekan gen yang membantu kesehatan jantung. Bahkan berolahraga setelah duduk seharian tidak membuat gen ini menjadi aktif.

Duduk terlalu lama ditambah lagi dengan merokok maka risikonya bisa naik berlipat-lipat ganda. Jika sudah demikian terus bagaimana ? ini solusinya! Kulit manggis kini ada ekstraknya. Ternyata, menyela dudukmu dengan gerakan simple yaitu dengan berdiri dan berjalan-jalan sebentar punya efek yang baik. Dari penelitian yang diadakan dengan mengukur setiap gerakan terhadap 168 orang baligh selama 7 hari penuh, mereka yang lebih sering bangkit dari tempat duduk punya metabolism yang lebih baik dan lebih kebal dari obesitas. Padahal rata-rata istirahat Cuma 4,5 menit. Rangka mu tetap sehat aktif. Pada hasilnya bisa menurunkan risiko penyakit.

Selain hal diatas kamu masih bisa melakukan hal-hal sederhana seperti bersepeda atau jalan kaki ke sekolah atau kampus bahkan ke kantor sekali pun. Lebih sering jalan-jalan selama kerja, memilih pakai tangga dari pada lift atau membuat meja tinggi. Penelitian yag lain dari dr. Levina bahkan beliau menyatakan bahwa menggunakan meja kerja ber-treadmil bisa meningkatkan produktifitas kerja kamu. jika sudah demikian jangan lupa untuk banyak minum air putih. 

Itulah beberapa risiko yang akan muncul jika kamu lebih sering duduk terlalu lama. Ingat diri kamu masih muda jadi jangan biarkan kesehatan kamu rusak sejak muda gara-gara kamu banyak duduk dari pada berjalan.  Ingat penyakit dari duduk itu sangat mematikan jadi waspadalah sejak dini karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga kita semua bisa dan mampu menjaga dirinya dari segala bentuk macam bahaya yang mengintai kita. Dan duduk trerlalu lama sudah menjadi aktifitas rutin orang zaman sekarang, coba lihat sangat bayak orang yang betah duduk didepan computer berjam jam apalagi sambil internet. Dan tidak hanya itu anak sekarang kalau sudah main game siang malam tidak ada bedanya dan tidak terasa kalau mereka sudah duduk 8 jam.

Maka jika sudah demikian itu artinya bahaya besar mengancam kamu. jadi mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan buruk itu. Baca juga : 8 makanan beracun kalau dipanskan. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar