Rabu, 10 Agustus 2016

8 Makanan Beracun Kalau Dipanaskan. Ibu Rumah Tangga Atau Calon Ibu Rumah Tangga Harus Tahu!


Kamu ibu rumah tangga atau calon ibu rumah tangga harus tahu, karena sudah menjadi kebiasaan umum bagi ibu ibu untuk menghangatkan makanan sisa agar bisa dikonsumi kembali. Banyak alasan ada agar efektif dan efisien, ada juga agar menggugah selera makan. Dan kamu anak kos pasti pernah melakukan hal ini. ternyata tidak semua makanan aman ketika dipanaskan berulang bahkan justru berkurang kandungan zat vitamin atau proteinnya, bahkan bisa beracun.


Agar tidak membahayakan keluarga kamu yuk simak sama-sama.


1.       Berhentilah manghangatkan nasi sisa

Semua orang tahu bahwa nasi merupakan makanan wajib sehari-hari, karena kandungan karbohidrat dan kalorinya menjadikan sumber energy utama. Namun, ketika kamu memanaskan  kembali nasi sisa, maka akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu nasi tersebut mendingin kembali, maka spora tersebut akan berkembang biak. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan  diare dan muntah-muntah.


2.       Ayam, boleh dihangatkan jika memang terpaksa, asal apinya tidak terlalu besar

Selain faktor ekonomis ayam juga seringkali dijadikan pilihan daging utama yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan rendah lemak. Dan ketika daging ayam dimasak dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Meski demikian kamu tetap boleh memanaskan ulang daging ayam dengan catatan ayam yang dipanaskan harus panas hingga kedalam, dan tidak boleh hanya bagian luar saja.gunakan api kecil dalam waku singkat dan angkat jika sudah hangat.

3.       Telur yang masih utuh dengan kuning telur didalamnya, punya risiko tinggi jika dipanaskan ulang.

Semua tahu kalau telur merupaan sumber protein tinggi yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh mulai dari vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan B12, dan fosfor. Dan ketika telur dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, hal ini dapat menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur khususnya bagian kuning telurnya yang dapat merusak sistim pencernaan.

4.       Bayam yang dihangatkan kedua kalinya akan memuncukan zat karsinogenik yang memicu kanker

Salah satu sayuran yang enak adalah bayam, bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi. Jadi itulah sebabnya sayur akan tampak bewarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Jika masih tersisa dan bisa dikonsumsi sebaiknya jangan dipanaskan dan dikonsumsi kembali. Kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitri dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker.

5.       Memanaskan jamur berulang bisa merusak pencernaan hingga mempengaruhi kerja jantung.

Jamur adalah sumber protein yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam amino dan anti oksidan. Tapi sebaiknya mengkosnsumsi makanan yang berbahan jamur segera setelah  pengolahan atau selagi masih hangat. Dan jangan memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur. Karena kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan  masalah pencernaan dan kamu juga kehilangan manfaat gizinya.

6.       Kentang mengandung bakteri langka dan berbahaya bagi tubuh ketika dipanaskan

Waspadalah dengan ini. kentang memang banyak mengandung zat besi dan tembag yang sangat baik untuk nutrisi otak. Tidak hanya itu kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna botulisme yaitu bakteri langka yang berbahaya bagi tubuh.

7.       Buang saja potongan selidri yang terdapat dalam sop ketika dipanaskan, dari pada kamu keracunan.

Seledri seringkali digunakan pada makanan berkuah sebagai bumbu alami untuk mempertajam rasa makanan. Seledri mengandung cukup banyak vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K, dan E yang baik untuk sistim imun kamu. melancarkan aliran darah, menghambat penuaan dan mencegah berbagai macam penyakit.
Sama halnya seperti bayam, pemanasan ulang dapat membuat kandungan vitamin hilang dan kandungan oksidanya bisa berubah menjadi karsinogen. Ada baiknya daun seledri ditaburkan pada mangkuk sup yang akan dihidagkan bukan dimasak bersama dalam panci.

8.       Gorengan, menggoreng kembali bisa membuat lemaknya semakin tinggi.

Gorengan pasti semua orang suka. Goreng enak  apalagi dinikamti selagi hangat. Sehingga tidak jarang gorengan dipanaskan ulang agar tetap terasa enak. Padahal pemanasan tersebut hanya membuat gorengan semakin berbahaya untuk kesehatan karena kandungan lemaknya semakin tinggi. 

Demikian saja jenis makanan yang harus kamu ketahui agar tidak kamu panaskan ulang. Semoga bermanfaat untuk kamu dan kelurga kamu. bacajuga : kabar gembira inilah manfaat kulit manggis. klik disini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar