Minggu, 07 Agustus 2016

Cegah Serangan Jantung Di Usia Muda Dengan 9 Tips Ini


Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kematian terbesar di dunia saat ini adalah karena penyakit jantung. Bahkan menimpa mereka yang usianya masih muda. Penyakit jantung disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah menuju jantung, yang mengakibatkan proses oksigenisasi otot jantung menjadi jauh sangat berkurang. Maka jika hal ini dibiarkan lama-kelamaan otot jatung menjadi rusak. Sehingga bisa memberi serangan yang mendadak serta mematikan. ‘Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, SpJP, dari FKUI’.

Yuk kita jaga jantung sejak dini dengan tips ini.


1.       Jaga berat badan agar tetap idel

Sebenarnya bukan hanya untuk sekedar penampilan akan tetapi semata-mata demi kesehatan. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena kelebihan lemak dalam tubuh. Kelebihan berat badan berarti jumlah lemak dalam tubuh kamu banyak dan dapat membahayakan kesehatan jantung. Terutama sekali lemak disekitar perut. So rutinlah berolahraga.


2.       Hidari makanan berlemak perbanyak makanan yang mengandung serat

Tips yang ini memang tidak mudah untuk dijalani karena betapa banyak makanan tidak sehat yang justru enak dan sayang jika dibuang. Contohnya junk food, makanan ini akan membuat kadar kolestrol didalam darah melaju tinggi, kolestrol adalah lemak yang jahat yang bisa membuat orang sakit jantung. Jadi jangan malas makan sayur karena sayur adalah salah satu suplai serat yang ketersediaannya melimpah untuk kita. Dan konsumsi juga sereal yang berserat tinggi.

3.       Kondisikan pikiranmu agar terhindar stress

Yang memerlukan istirahat bukan hanya tubuh tapi juga otak. Stress akan mengakibatkan hormon kortisol menjadi berlebihan. Akibatknya pembuluh darah menjadi kaku. Maka jika kamu terlalu sering stress maka dampaknya tidak baik untuk kesehatan jantungmu. Maka atasilah dengan istirahat yang cukup. 

4.       Masalah pada gigi dan mulut ternyata punya dampak negative untuk kesehatan jantung

Banyak orang tidak mengetahui bahwa masalah gigi dan mulut bisa adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Maka jika kamu menjaga kesehatan gigi dan mulut berarti kamu telah mencegah timbulnya radang bakteri yang mengganggu aliran darah menuju jantung dan kesehatan reproduksi. Maka jika kamu memiliki masalah gigi berlubang, bau mulut, plak, gusi berdarah, dll baiknya kamu atasi secepatnya sebelum menyesal.

5.       Perbanyak olahraga

Olahraga adalah solusi dari segala permasalahan kesehatan karena olahraga berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Apalagi jika aktivitasmu mengharuskan duduk dibelakang meja selama berjam-jam. Hal itu akan membuat lemak berlebih di tubuh. Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung kamu.

6.       kontrol tekanan darah kamu secara teratur

control tekanan darah adalah untuk mengantisipsi adanya sinyal yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Untuk mengontrol darah periksalah sebulan sekali dengan membeli alat pengukur tekanan darah yang setiap saat dapat kamu control. Kondisi normal tekanan darah sistolik (mmHg) berada pada angka “kurang dari 130 artinya antara 121 – 129. Sedangkan untuk tekanan darah diastolic (mmHg) berada pada angka 81-84. Dan waspadalah jika darah kamu lebih tinggi dari yang desebutkan.

7.       Ngemil dengan makanan yang baik untuk jantung

Ngemil boleh tapi cari yang baik buat jantung kamu. seperti cokelat hitam memiliki kandungan flavonoid yang mampu menjaga saluran arter tetap fleksibel. Selain itu dapat juga mencegah kolesrtol jahat. Kacang-kacangan mengandung folat bisa menurunkan risiko sakit jantung 13 %. The juga bagus untuk memelihara jantung. Buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti jeruk, apel, alpokat, strowbery, blewan, lidah buaya, wprtel, mentimun, sirsak, kiwi, kulit manggis, delima dan anggur.

8.       Tinggalkan rokok dan minuman beralkohol

Rokok dan alcohol dapat menimbulkan kerusakan pada organ jantung dan juga pembluh darah yang mengarah pada penyempitan arteri. Kedua perbuatan ini akan memicu kinerja jantung semakin keras dan ekstra. Jika dibiarkan maka akan memicu kanker paru, nesofaring, jantung korener.

9.       Keliru dalam mengkonsumsi obat-obatan

Misalnya, jika pikran terganggu dan kondisi jiwa tertekan, maka mengkonsumsi obat penenang adalah  solusi, memang saat itu juga kondisi tubuhmu menjadi tenang tetpai hal ini tidak baik untuk keshetan jantung karena membuat iramanya menjadi berubah. Jadi lebih bijak lagi untuk mengkonsumsi obat-obatan.

Itulah beberapa tips agat kamu terhidar dari penyakit yang mematikan, yakni penyakit jantung. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar