Kamis, 15 September 2016

Mau Mendaki Gunung? Ini Tips Buat Para Cewek!



Olahraga yang paling ngetrend saat ini adalah mendaki gunung. Dan para cewek yang bukan anggota pecinta alampun sudah tidak asing lagi dengan olahraga ini. olahraga  cukup berat dan menguras keringat, mendaki gunung bukan penghambat kamu agar tetap cantik, sehat dan menawan. Berikut tips buat kamu para cewek yang mau mendaki gunung.


1.       Seminggu Sebelum berangkat kamu harus mulai olahraga ringan

Jadi untuk kamu yang malas olahraga, alangkah baiknya mulai berolahraga minimal seminggu sebelum naik gunung agar otot ototmu tidak tegang dan shock nantinya. Kamu bisa coba senam pagi, jogging atau olahraga kecil lainnya. Dengan begitu kamu tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga saat mendaki.

2.       Jangan lupa bawa tisu basah dan tisu kering

Sampai di gunung air tidak mudah untuk ditemukan, untuk itu kamu perlu membawa tisu basah dan tisu kering demi urusan bersih-bersih badan. Kamu tidak mau kan kulit cantik, wajah lembut kamu rusak?

3.       Pakai pakaian khusus mendaki, menyerap keringat dan mengahalau suhu dingin dan angin.

Di atas gunung kita akan merasakan  suhu yang dingin sehingga kita cendrung memilih menggunakan jaket. Disisi lain kita akan merasakan gerah karena panas tubuh yang keluar sepanjang perjalanan. Maka ada baiknya kamu gunakan bajau khusus mendaki. Disamping itu baju ini bisa menjaga kamu dari gorensan ranting-ranting hutan yang tajam. Dan jangan gunakan pakaian yang ketat.

4.       Bawa deodorant. Untuk menjaga badan kamu tetap harum

Apa jadinya teman satu tim kamu selalu tutup hidung saat bertemu kamu karena bau badanmu. Maka penting untuk kamu bawa deodorant. Bersihkan ketiak dengan tisu basah terlebih dahulu, lalu biarkan mengering, setelah itu baru kamu gunakan deodorant favoritmu. Perjalananmu akan lebih menyenangkan.

5.       Jangan malas pakai sunblock!

Udara gunung itu tidak tetap, kadang panas, kadang kering, kadang terik, kadang dingin. Untuk itu sangat disarankan bagimu menggunakan sunblock minimal SPF 30 untuk mengantisipasi kulit terbakar. Apalagi kamu yang kulitnya sensitive. Letakkan sunblock kamu dibagian yang mudah terjangkau, jadi kamu bisa gunakan kapan saja.

6.       Kamu yang terbiasa pakai lensa kontak, ini saatnya coba pakai kacamata saja
Yang menggunakan lensa ontak sangat tidak disarankan untuk menggunakannya saat naik gunung. Kenapa? Karena kondisi cuaca gunung yang kering dan berdebu kurang steril untuk pengguna lensa kontak. Jika kamu paksakan mungkin matamu akan iritasi.

7.       Selipkan kacamata hitam, untuk gaya dan pelindung mata

Kaca mata hitam bisa menjaga mata kamu dari teriknya matahari, dan bisa juga menjaga mata dari debu, selain itu bisa juga untuk gaya gaya di atas gunung. Hehehe

8.       Jangan lupa bawa slayer atau kain kecil

Slayer atau kain tipis juga wajib kamu bawa. Ini bisa kamu gunakan untuk melindungi lehermu dan kedinginan. Kamu bisa juga gunakan untuk menutup kepala saat terik. Selain itu juga bisa membuat kamu semakin sye catching.

9.       Pakailah sarung tangan

Sarung tangan berfungsi, pertama saat perjalanan biasanya kamu akan menemui tanjakan yang memaksamu harus merangkak dan berpegangan pada pohon pohon besar yang bisa jadi berduri. Selain itu bisa membuat tangan kamu terlindungi dan bisa juga menghangat tangan kamu.

10.   Perkera BAB dan BAK ditempat terbuka? Ini solusinya

Hal ini memang  jadi dilemma yang tidak terhindarkan buat kamu para cewek yang mau mendaki gunung. Kalau rasa inigin BAB atau BAK carilah tempat bersembunyi. Pilihlah dataran rata yang lokasinya cukup jauh dari tenda agar tidak ada pendaki lain yang melihat kamu agar tidak terlalu terekspos, kamu bisa gunakan panko atau sarung sebagai penutup.

11.   Dilarang keras buat diet saat sedang mendaki

Yang lagi program diet dilarang buat diet makanan. Selain membatasi energy dan kekuatan kamu. hal ini bisa merugikan orang lain. Makanlah secukupnya agar tidak pingsan.

12.   Jaga menu makan kamu

Jangan makan mie instan melulu, nah diatas gunung kamu juga bisa makan sehat, misalnya kamu bisa buat sop kacang merah. Persiapkan semua bahan dalam bentuk pontongan dari rumah. Kalau kamu mau bawa telur simpanlah di egg holder atau masukkan dalam kantong beras. Makanlah makanan yang sehat bukan mie instan.

Demikianlah tips buat kamu para cewek yang mau mendaki gunung. Sebenarnya masih ada tips yang lain, mudah-mudahan kita sambung pada pertemuan berikutnya. Baca juga : 7 info salah kiprah tentang makanan. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar