Rabu, 07 September 2016

Kamu Malas Mendaki Gunung? Ini Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan

1.       Meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru

Ternyata mendaki gunung memliki manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. manfaat kesehatan dari mendaki gunung yang pertama adalah kamu dapat meningkatkan kapasitas kerja dari jantung dan paru-paru. Dengan kata lain, mendaki gunung dapat memperkuat jantung dan juga paru-paru kita. 

Hal ini disebabkan oleh kegiatan mendaki gunung yang membutuhkan tenaga yang besar, yang akan membentuk kekuatan dari jantung dan paru-paru. Maka dengan demikian kamu memperkecil resiko serangan jantung dan storke, mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah, terhindar dari berbagai macam penyakit.


2.       Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Manfat yang lain adalah untuk menjaga dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh kamu. dengan mendaki maka kamu pastinya membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih, sehingga dengan seringnya kamu melakukan pendakian, daya tahan tubuh dan stamina kamu akan tetap terjaga dan malahan semakin meningkat.

3.       Menjaga kesehatan tubuh

Ternyata mendaki juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain karena kapasitas kerja jantung dan paru-paru yang meningkat, serta stamina dan daya tahan tubuh yang terjaga, mendaki gunung juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Karena udara yang kamu hirup masih jauh daru racun polusi udara yang ada di daerah perkotaan.

4.       Memperkuat otot-otot kaki

Memang tidak dapat dipungkiri kegiatan mendaki yang bisa kamu lakukan secara rutin, pastinya akan memperkuat otot kaki dan juga dapat berpengaruh pada kekuatan tulang kamu, sehingga mampu memperkecil risiko terkena osteoporosis.

5.       Sebagai media olahraga

Manfaat yang lain adalah sebagai salah satu kegiatan untuk kegiatan untuk berolahraga, terutama bagi mereka yang sanang dengan kegiatan-kegiatan di alam. Biasanya kegiatan olahraganya berupa berlari naik turun gunung.

6.       Mendekatkan diri pada alam

7.       Memberikan pengalaman baru

Jelas bahwa mendaki akan memberikan pengalaman baru bagi kamu, baik itu pengalaman secara fisik maupun pengalaman secara spiritual. Saat mendaki gunung mungkin kamu akan bertemu banyak hal yang tidak kamu duga yang pastinya akan menambah pengalaman kamu.

8.       Menambah relasi dengan orang lain

9.       Menurunkan berat badan

Mendaki gunung adalah metode olahraga paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kalori yang terbakar ketika kamu melakukan kegiatan pendakian.

10.   Sebagai pemuasan dari hobi

Beberapa orang menganggap mendaki merupakan hobi dan tujuan hidup. Jadi dengan mendaki berbagai gunung yang ada, hal ini akan sangat memuaskan kebutuhan diri mereka akan hobi dan tujuan hidup. Dengan tercapainya kepuasan maka kualitas hidup seseorang akan menjadi lebih baik.

11.   Menambah ilmu pengetahuan

Kamu akan banyak belajar dari alam, melalui tanda-tanda alam yang muncul, seperti arah angina, arah matahari, dan juga tanda-tanda lain seperti jejak binatang liar dan sebagainya. Dengan demikian ilmu kamu akan semakin bertambah.

12.   Belajar hidup secara mandiri

Dengan kegiatan mendaki itu artinya kamu akan mengadalkan perbekalan, insting dan juga kondisi alam sekitar untuk bertahan hidup, terutama ketika mendaki daerah-daerah yang cukup ekstrim. Maka dari itu manfaat mendaki dapat mengajarkan kamu untuk belajar hidup mandiri dan bertahan tanpa bantuan teknologi canggih.

13.   Membentuk mental dan pikiran yang kuat dan sehat

Ini penting kamu tahu, mendaki sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter, mental dan pikiran yang kuat serta tegas. dalam mendaki dibutuhkan keahlian dalam hal pengelolaan insting dan juga pengelolaan emosi yang baik. Dengan seringnya kamu melakukan kegiatan mendaki maka pengelolaan insting dan emosi akan terasah dengan baik dan akan berpengaruh pada mental dan pikiran yang sehat dan kuat.

Demikianlah beberpa manfaat dari mendaki gunung yang harus kamu tahu, dengan demikian saya berharap kamu tidak takut dan ragu lagi untuk mendaki gunung. Dan saya sarankan juga untuk kamu yang pemula agar tidak mendaki gunung yang terlalu terjal seperti gunung kerinci dan gunung yang lain, mulailah dengan gunung atau bukit yang agak mudah agar kamu terlatih dan tidak merasa kaget ketika mendaki gunung yang terjal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar