Selasa, 06 September 2016

Apakah Kamu Terkena Hypochondria? Cek Tanda-tanda Disini


Hypochondria sering disebut sebagai Health Anxiety yaitu kekhwatiran berebihan bahwa kamu mengidap penyakit yang mematikan. Seseorang yang mengalami ini akan selalu memonitor kesehatannya sendiri secara berlebihan. Dalam dunia medis Hypochondria termasuk salah satu dari penyakit mental yang menyebabkan kegelisahan.


Dan untuk kamu yang sering merasa parno dengan kondisi tubuh kamu coba kamu cek dulu beberapa tandanya di bawah ini. semoga bermanfaat.


1.       Cuaca yang berubah-ubah, teman yang sakit flu, membuat kamu ketakutan setengah mati, kamu yakin, kamu akan segera sakit juga

Hypochondria adalah kekhawaitian yang berlebihan terhadap kesehatan. Teman sekantor terkena flu sudah membuat kamu khawatir habis. Lalu kamu menyiapkan obat flu karena yakin kamu akan segera tertular.cuaca buruk dan angkutan umum yang kotor bagaikan mimpi buruk buat kamu. kewaspadaan supe ini terkdang membuat kamu merasa ada yang salah dengan diri kamu. padahal sebernarnya tidak apa-apa.

2.       Kalau sedang konek internet kamu bukannya main media social tapi sibuk tentang panyakit dan gejalanya

Orang yang mengidap hypochondria selalu paranoid dengan kesehatan namun juga punya hobi googling tentang penyakit seran untuk melihat apakah dia punya gejalanya atau tidak. Maka tidak heran orang ini hafal semua gejala-gejala kanker, penyakit jantung dan penyakit lainya.

3.       Pusing seharian bisa membuat kamu yakin bahwa kamu kena kanker otak dan sesak nafas sedikit sudah membuat kamu merasa akan terkena serangan jantung

Mengenali diri sendiri memang perlu. Jadi, ketika ada sesuatu yang terasa salah, kamu bisa segera menyadarinya. merasakan sakit dan tidak enak badan sesekali itu wajar, namun seorang Hypochondriac akan langsung berasumsi yang terberuk. Sakit kepala, sakit perut, mual, sakit punggung dan insomnia adalah hal-hal yang bila terjadi sesekali tidak masalah. Hal itu terjadi karena memang fungsi tubuh terkadang terganggu terkait dengan perubahan hormone. 

4.       Kamu merasa perlu segera kedokter pada setiap sakit yang kamu rasa, meski hanya pusing sekalipun. Dan saat dokter bilang kamu baik-baik saja, seringnya kamu tidak percaya

Kamu pasti pernah merasa tidak enak badan, saat itu kamu akan selalu kepikiran. Dalam pikiran kamu sudah berderet list kemungkinan penyakit seram yang mungkin menyerang. Dan kamu takut terlambant dan nyawa kamu tidak selamat, anehnya ketika akhirnya kamu bertemu dokter, diperiksa dengan seksama dan dokter bilang kamu baik-baik saja, kamu tidak percaya.

5.       Satu dokter saja tidak cukup untuk meyakinkan bahwa kamu baik-baik saja. Kamu selalu mencari opini kedua, ketiga, dan seterusnya

Kamu sering tidak percaya dengan penjelasan dokter yang mengatakan kamu sehat-sehat saja. Dengan demikian kamu mencari opini kedua, ketiga dan setersunya. Akibatnya kamu terlalu banyak obat kimia yang masuk kedalam tubuh kamu.

6.       Selain KTP dan ATM, dompet kamu penuh dengan berbagai kartu member rumah sakit dan apotik

Jika orang lin shopping ke mall, kamu shopping ke rumah sakit. Rasa kekhawatiran berlebihan tentang kesehatan, keraguan pada pendapat dokter dan hobi mencari banyak opini kesehatan dari dokter yang berbeda membuat kartu kesehatan dokter semakin banyak. Berjaga-jaga memang bagus tapi berlebihan bisa berbahaya

7.       Berita mengenai sebuah penyait baru yang mewabah adalah mimpi buruk bagi kamu.
 
Kemaren ada berita, hepatitis B mewabah di sebuah SMA didepok. Berita tentang wabah penyakit ataupun penyakit yang mengerikan dan membuat banyak orang tidak selamat, menjadi terror berlebihan untuk kamu. kamu jadi parno kemana-mana. Takut keluar rumah dll.

Meki tidak ada salahnya peduli pada kesehatan diri sendiri, lakukan seperlunya saja. Banyak dampak buruk yang justru akan kamu dapatkan akibat dari Hypochondria. Orang akan meganggap kamu lebay, akibatnya kelak kekhawatiran kamu tidak akan di seriusi lagi.

Bila Hypochondria masih ringan kamu bisa mengontrolnya sendiri dengan cara :

1.       Menjaga kesehatan dengan hal-hal basic seperti makanan sehat dan olahraga teratur bisa menjadi solusi.

2.       Karena kamu bukan dokter, jangan coba-coba untuk mendiagnosa dirimu sendiri. Bila memang perlu periksa ke dokter dan melakukan medical up juga boleh

3.       Kamu harus tahu kamu seorang hypochondria, sehingga alih-alih browsing tentang penyakit seram di internet.

4.       Kamu bisa menyibukkan diri sendiri dengan berbagai kegitan positif. Namun apabila Hypochondria sudah terlalu parah, maka menemui psikolog adalah solusi yang tepat kaena kamu membutuhkan terapi.

Demikianlah yang harus kamu ketahui demi kesehatan kamu. dan juga lupa tebarlah manfaat seluas-luasnya dengan membagikan artikel ini. bacajuga :tahi lalat punya makna tentang kepribadian dan masa depan. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar