Minggu, 03 Juli 2016

Manfaat Minum Kopi Buat Kesehatan


Di indoensia kopi sangat popular sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari supaya tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih segar. Dan juga tidak sedikit orang minum kopi pada saat malam hai supaya mata kamu tetap segar dan bisa bergadang. Sehingga melahirkan banyak jenis kopi yang cepat saji. Meski demikian kita juga pernah mendengar rumor yang menyimpulkan kalau kopi bisa merusak tubuh kamu. Ternyata rumor seperti itu tidak 100% benar.


Hal itu disebabkan karena banyak penelitian yang mengungkapkan kalau minum kopi lebih dari 3 gelas dalam sehati ternyata bagus untuk kesehatan kamu.

National Cancer Institute dan sudah diterbitkan di New England Journal of Medicine adalah sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 400 ribu orang dan telah menyimpulkan kalau peminum setia kopi itu justru memilki resiko kematian dini sampai 16% lebih kecil disbanding orang yang jarang minum kopi.

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat manfaat minum kopi dibawah ini.


1.       Mencegah kepikunan

Apakah anda adalah orang yang termasuk mudah pikun ? masalah kepikunan dan penyakit Alzheimer dipengaruhi oleh senyawa polifenol yang terdapat dalam kopi sebagai zat antioksidan untuk menlindungi kesehatan otak. 

Dan kandungan kafein dalam kopi sangat bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak amilod serta dapat mencegah terjadinya kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber penyebab terjadinya penyakit Alzheimer.


2.       Mencegah penyakit batu empedu

Ternyata minum kopi dapat mencegah kamu dari penyakit batu empedu loh. Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25% lebih rendah dari batu empedu. Dan hal berlaku sama untuk pria.

3.       Mengurangi resiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebi kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Dan ditambah lagi sebuah laporan pada januari 2012 dalam Journa of Agricultural dan Food Chemistry kemudian menjelaskan alasannya yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HiAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2. Ini bukan cerita ya tapi sebuah fakta.

4.       Menurunkan resiko kanker

Sangat luar biasa minum kopi bisa mengurangi resiko kanker payudara dan juga kanker prostat. Minum kopi telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan juga kanker hati, dan untuk kamu yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 yang dilakukan di swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cagkir dapat mengurangi resiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Ternyata kenutungan minum kopi tidak hanya didapatkan oleh kaum hawa tapi juga bagi kaum adam. Sebuah studi yang dikeluarkan dari Harvad School of Public Health baru baru ini menyatakan telah menemukan bahwa kopi baik yang biasa ataupun tampa kafein mangakibatkan penurunan resiko kanker prostat.

5.       Meningkatkan metabolisme tubuh dan merunkan berat badan

Cintai lah hidup mu dengan minum kopi agar terhindar dari banyak penyakit. sebuah studi lama pada tahun 1980 menunjukkan telah menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolism tubuh dan itu hanya pada orang normal, sedangkan pada kamu yang mengalami obesitas berarti kamu mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

6.       Kandungan antioksidan

Seorang pakar dan juga peneliti Harvard, Edward Giovannuci dalam penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers dan Prevention mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dari pada kebayakan sayuran dan juga buah-buahan. Bahkan ada juga sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada pada urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang amerika. Selain diminum kopi juga dapat dijadikan masker wajah alami karena kopi mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Dan kamu juga bisa membuat masker alami sendiri dari bahan tersebut untuk menjaga kehalusan  kulit kamu.

7.       Mencegah  encok

Koipi juga bisa mencegah kamu dari penyakit encok, sebuah studi tahun 2007 pada pria berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya resiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Kamu boleh minum kopi yang reguler atau minum kopi yang tampa kafein karena kedua jenis kopi ini berdampak positif buat kamu. Dan bagi kamu yang minum 6 cangkir sehari akan memilki resiko 60 % elbih rendah terhindar dari kodisi encok.

8.       Mencegah timbulnya penyakit jantung dan stroke

Kalau kamu suka minum kopi itu sangat bagus karena itu baik untuk kesehatan jantung kamu.  Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghindarkan kamu dari penyakit serangan jantung bahkan juga stroke. Hal ini berdasarkan data dari penelitian sejumlah 83,000 wanita dalam usia 24 tahun memliki resiko 18 % lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengosumsi kopi. Penelitian itu dilakuka dengan meminum 2-3 kopi dalam sahari.

Inilah fakta yang menunjukkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi jangan pernah percaya dengan rumor yang beredar ditengah masyarakat yang tidak ada data dan fakta. So dari sekarang sering-sringlah minum kopi. Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar