Rabu, 06 Juli 2016

Lakukan 9 jurus ini kalau kamu stress saat skripsian !

Saat ini memang mahasiswa sedang disibukkan dengan skripsi dan tidak sedikit mahasiswa yang stress olehnya. Sebenarnya skripsi bukanlah momok menakutkan, akan tetapi memakai toga udah menjadi salah satu tujuannya. Coba kamu lihat setiap orang berlomba-lomba untuk jadi yang utama lulus. Padahal itu bukan tujuan sebenarnya. 

Sebenarnya skripsi adalah pendewasaan diri dalam bidang riset dan penelitian serta pendewasaan diri menyelesaikan masalah. Dan skripsi adalah satu babak baru dalam hidup untuk mencapai hidup berikutnya. Oleh sebab itu yuk kita simak jurus agar kamu tidak stress dalammenyelesaikan skripsi tapi malah menyenangkan.


1.       Relaks dalam mengerjakan

Kata siapa kalau mengerjakan skripsi harus duduk manis di depan laptop terus dan membuat kamu tegang ? kalau memang benar demikian kamu masih bisa mendengarkan music tilawah atau membaca buku disela-sela mengerjakan skripsi. Dan kamu bisa melaukan kegiatan apa yang kamu mau selama itu bisa membuat kamu relaks dalam membuat skripsi.


2.       Mengerjakan skripsi bareng teman

Untuk membuat skripsi biar lebih nyaman kamu bisa mengerjakan tugas akhir kamu itu bareng teman yang senasib. Atau jika kamu mahasiswa yang hampir bapuk maka carilah teman yang berhati malaikat, karena mereka bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Tapi jangan pake joki skripsi ya… nanti yang ada gelar sarjana kamu dicabut.

3.       Tawakal

Dalam perjuangan megerjakan skripsi maka tawakal sangat penting diantara segalanya. Berarti juga bersabar dan berpikir positif bahwa kamu dapat menyelesaikan skripsi dengan hasil yang baik dan memuaskan. Kamu harus ingat kalau skripsi adalah proses pendewasaan kamu. Konsisten mengerjakan, berdoa, dan yang pasti kamu harus tetap bergembira.

4.       Optimis

Selain tawakal kamu juga harus berpikiran positif dan tetap selalu optimis. Maka kamu harus tetap bersemangat dengan tugas akhir kamu itu ! bayangkan saja kalau beberapa hari lagi kamu akan memakai toga. Optimislah ! orang tua dan kerabat menunggu.

5.       Sharing bareng dosen

Adakalanya dosen pembimbing kamu sibuk maka minta tolong dengan dosen yang lain tidak apa-apa kok. Malah jika hal itu yang kamu lakukan maka dosen yang lain merasa dihargai, tapi tetap yang menjadi panutan tetap dosen pembimbing kamu.

6.       Bawa bekal yang cukup untuk kesehatan kamu

Kalau kamu sudah lapar atau sudah haus maka jangan paksakan diri kamu, nanti kamu bisa kekurangan cairan. Dan skripsi tidak akan pernah selesai kalau kamu sendiri kekurangan asupan. Dan usahakan kamu membeli coklat, cemilan roti dan lainnya untuk stok di kamar kos dan belilah minum yang melebihi takaran harian agar kamu tidak kekurangan cairan.

Skripsi memang mampu menguras tenaga, maka jangan lupa asupan sayuran. Dan jika kamu beraktifitas di luar ruang atau dilapangan maka jangan lupa sediakan itu semua didalam tas kamu, demi menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh kamu

7.       Berolahraga kecil

Berolahraga kecil itu penting karena mampu untuk merenggangkan otot kamu yang sudah kaku. Jangan lupa olahrga ya. Kalau kamu sambil duduk juga bisa, gerakkan tubuh kamu agar bergerak semua pada saat mengolah data. Dan berolahraga 15 menit sambil berdiri itu lebih penting lagi. Dan lakukan dengan menyenangkan, contohnya dengan dancing sambil liat kaca besar dan gerakan atau cara yang lain.

8.       Istirahat cukup

Jika otak kamu sedang pusing maka jangan paksa karena itu bisa membahayakan kamu. Kamu bisa beistirahat jika tubuh sudah memperingatkan kelelahan. Maka istirahat cukup itu sangat penting.
9.tetap semangat ketika masalah lain melanda

Dalam mengerjakan tugas akhir sering kali masalah lain melanda. Baik itu masalah keuangan, cinta, revision yang tak kunjung usai dan lain sebagainya. Apa pun masalah yang melanda kamu harus tetap semangat.

Itulah beberapa jurus yang harus kamu lakukan ketika kamu dalam menyelesaikan skripsi kamu. Tapi ingat jurus ini tidak semua cocok buat kamu, jika ada yang tidak cocok jangan kamu lakukan, lakukan saja yang cocok buat kamu. Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar