Senin, 25 Juli 2016

8 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini, Biar Kelak Kamu Disayang Suami



Pada diri kaum hawa ada banyak sekali bagian tubuh yang harus dijaga. Tidak hanya persoalan kecantikan wajah atau penampilan pakaian saja tapi ada yang lebih penting yaitu yang tersembunyi dari tubuh kamu. sebab kelak pada bagian itu yang akan mewujudkan cita-citamu memiliki keturunan. Iya benar sekali yaitu bagian organ reproduksi kamu. 

Oleh karena itu sebelum hal-hal yang tidak kamu inginkan terjadi maka ayo kita biasakan diri dengan menjaga organ reproduksi kamu sedini mungkin. Supaya kelak nanti kamu semakin disayang suami dan tentunya bangga pada diri sendiri. Yuk kita lihat tipsnya!


1.       Kamu wajib menjaga kebersihan Miss V! t

Pernah tidak kamu merasa Miss V kamu gatal atau bahkan sampai keputihan ? kalau pernah coba kamu ingat-ingat lagi apakah selama ini kamu sudah benar-benar menjaga kebersihan Miss V kamu ? jadi percuma saja kalau wajah cerah berseri tapi kondisi Miss V justru kamu abaikan bahkan tidak terkendali. Sehabis buang air kecil, kamu tidak bisa hanya mengelapnya dengan tisu, tapi juga harus membasuhnya dengan air mengalir. Dan saat membasuhnya pun tidak boleh sembarangan yakni dengan air mengalir serta dijamin aman.

Tahukah kamu ternyata pembalut yang terlalu lama saat menstruasi juga bisa membuat area Miss V semakin lembab serta cairan darah kotor yang menumpuk menjadi salah satu factor bakteri berkembang dengan cepat. Oleh karena itu kamu tidak boleh malas mengganti pembalup setiap kali merasa sudah tidak nyaman lagi untuk dipakai. Dan jangan sampai bakteri dan jamur bersarang di Miss V kamu.


2.       Selain memperhatikan pergantian celana setiap harinya, pehatikan jua cara memilihnya.

Mesti diingat sehari minimal kamu harus mengganti sebanyak dua kali atau kalau bisa setiap kali saat kamu merasa pakaian dalammu itu lembab atau berkeringat. Sebab sama halnya pembalut, celana dalam yang lembab juga berisiko menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur jadi bahayakan. Makanya harus diperhatikan.

Jadi mulai dari sekaran kamu jangan lupa untuk memperhatikan pakaian dalam yang akan dipakai, dan jangan sembarangan lagi memilih bahan juga ukurannya. Usahakan cari pakaian dalam yang berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Serta ukuran pakaian dalam kamu jangan terlalu ketat agar sirkulasi udara tetap terjaga dengn bail.

3.       Kurangi pakai celana ketat atau yang menghambat sirkulasi udara

Pakaian ketat bisa berbahaya seperti yang kamu tahu bahwa celana jeans itu termasuk bahan berat yang cukupu tebal dan tidak memungkinkan adanya sirkulasi udara. sedangkan Miss V kamu membutuhkan sirkulasi udara yang cukup. Selain itu celana jeans yang terlalu ketat juga bisa menganggu syaraf sekitar dari paha hingga tulang belakang, parahnya lagi bisa menimbulkan infeksi jamur serta mengurangi kesuburan.

4.       Perhatikan dampak negatif dari cairan pembersih Miss V supaya kesehatnnya tetap terjaga

Sesekali kamu harus menyegarkan area Miss V kamu dengan menggunakan cairan pembersih khusu boleh boleh saja. Minimal kamu tidak menggunakan setiap hari atau mungkin bisa saat menstruasi saja. Sebab penggunaan terlalu berlebihan pun punya efek negative, mulai dari menganggu pH normal Miss V, sampai membunuh bakteri. Dan mampu mencegah bakteri jahat masuk atau mencegah jamur berkembang biak.

5.       Mencukur rambut area kewanitaan.

Berhati-hatilah mencukur rambut pada daerah kewanitaan jangan sampai salah dan malah menganggu kenyamanan. Kamu pasti pernah merasa gatal di area rambut kewanitaan. Atau bahkan rasa gatalnya merambat ke Miss V kamu. sama halnya rambut dikepala yang jika tidak urus bisa membuat kulit kepala gatal.

Bedanya rambut di arean kewanitaan,u tidak boleh dibiarkan tumbuh panjang tapi tidak boleh juga dibiarkan tipis sekali sebab jika terlalu panjang rambut area kewantiaan bisa jadi sarang kuman sedangkan terlalu tipis Miss V kamu justru tidak ada perlindungan. Jadi pastikan kamu mencukurnya dengan hati-hati, jangan sampai terlalu tipis kesimpulannya atur sesuai selere.

6.       Mengkonsumsi sayuran dan buah

Polusi ternyata bisa menganggu organ kewanitaan, sebab racun dari polusi apapun jika masuk ketubuh dampaknya bisa segera menyebar dengan cepat kesuluruh organ tubuh. Jadi jika sudah menumpuk akan mempengaruhi kualitas sel telur. Maka untuk menghidarinya banyakah mengkonsumsi sayran dan buahan.

7.       Olah gara rutin

Ini penting kamu tahu ternyata keputihan juga bisa disebabkan oleh stress yang berlebihan, karena stress yang berlebih akan mempengaruhi kadar pelepasan hormone di tubuhmu salah satunya hormone reproduksi. Makanya salah satu cara mencegah hal itu kamu harus lebih bisa mengendalikan pikiran supaya tidak mudah stress. Dan pastikan juga kamu mencoba gaya hidup aktif seperti berolahraga secara teratur ok.

8.       Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter

Selain melakukan hal diatas kamu juga perlu mengamati kesehatan organ reproduksimu secara teratur. Kalaupun ada sesuatu kelainan di organ reproduksi kamu, bukankah lebih baik tahu dari awal dan bisa segera ditangani. 

Jadi sejak dini kamu perlu membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi kamu ke dokter ahli. Pengecatan kesehatan rutin ini juga bisa membuat kamu tahu kapan masa subur dan kapan masa tidak subur. Jadi tidak rugikan.

Dari sekarang ayo kita jaga kesehatan reproduksi kita. Baca juga: tips mencuci pakaian dalam. klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar