Kamis, 30 Juni 2016

Ternyata ‘Ngeden’ Saat BAB Itu Bahaya. Wah, Kok Bisa?

Kamu Sering “Ngeden’ kan saat BAB ? Ternyata Ngeden Saat BAB Itu Bahaya Buat Kesehatan Kamu !

Setiap insan pasti pernah merasa kesulitan untuk membuang air besar mungkin hal itu disebabkan beberapa hal. Untuk mempermudah proses pembuangan kotoran, tidak jarang kamu ngeden atau dalam bahasa lain mengejan.

Aktifitas buang air besar memang terkadang membutuhkan sedikit usaha supaya pengeluaran kotoran menjadi lancar. Apalagi kalau asupan makan kita tidak memenuhi standar yang baik untuk pencernaan, kamu pasti sambil nangis berjam-jam dalam kamar mandi.

Sebenarnya ngeden itu dibutuhkan loh pada saat kita BAB, tapi meskipun demikian ngeden itu bisa bahaya juga buat kamu, kok bisa ? yuk kita cari tahu !

baca juga : temukan jati diri kamu dengan 5 tips ini, klik disini untuk  penjelasannya.

1.    Ngeden  bisa menghasilkan wasir atau ambien

Buang air besar terasa menyiksa ketika kamu sudah terserang wasir atau ambien. Inilah Bahaya pertama yang mengintai kamu ketika kamu sering mengejan. Karena pada saat itu otot anusmu akan membengkak akibat tekanan yang terlalu besar yang dikeluarkan. Inilah yang sering disebut sebagai wasir atau ambien.

Ketika kamu sudah terkena wasir atau ambien maka kamu akan merasaka sakit yang luar biasa pada saat kamu melakukan aktivitas BAB. Dan biasanya orang yang sudah mengalami penyakit ini tidak akan merasa nyaman ketika duduk terlalu lama. Dan kalau penyakit kamu sudah parah maka itu akan ditandai dengan keluarnya darah pada saat kamu buang air besar. Waah bahayakan !


2.    Ngeden bisa mengakibatkan kamu terserang hernia atau turun berok

Kebanyakan orang yang terkena hernia biasanya disebabkan akibat tekanan beban yang berat seperti sering mengangkat beban yang berat. Selain itu hernia juga bisa di akibatkan dengan ngeden yang terlalu kuat jadi mulai sekarang kurangi kebiasaan kamu itu ok.

Hernia atau turun berok sering kali terjadi akibat robeknya selaput tipis yang menyebabkan terjadinya tonjolan pada pangkal paha. Kalau bicara dampaknya sudah pasti tidak enak buat tubuh kamu, kamu pasti akan merasa nyeri pada bagian perut hingga mual dan muntah itu dikaranekan percernaan kamu terganggu. Tuh bahayakan, apakah kamu masih mau juga ngeden yang berlebihan ?

3.    Turun usus besar atau prolaps rectum

Jika kamu sudah terkena prolaps atau turun usus besar maka akan membuat kamu BAB terus menerus hingga mengakibatkan anus kamu terluka. Rasa sakit yang akan kamu rasakan ketika sudah diserang prolaps rectum  lebih sakit ketika kamu terkena hernia. Inilah akibat ngeden yang kamu anggap remeh itu, biasanya penderita prolapse rectum ini sering dirawat dirumah tanpa perlu segera di operasi tapi bahayanya kamu akan sulit untuk mengontrol air besar.

Ketika penyakit ini tidak segera kamu atasi maka bisa mengakibatkan luka pada bagian anus, luka pada bagian anus diakibatkan oleh karena keserigannya kamu buang air besar. Emangnya kamu mau seperti itu…

4.    Turun peranakan

Bagi kamu kaum hawa jangan sampai penyakit yang ini menimpa kamu, karena penyakit ini sangat bahaya sekali buat kamu kaum hawa karena akan mempersulit pada saat proses persalinan kelak.
Rahim kamu turun paling sering diakibatkan oleh proses persalinan yang berulang kali, sehingga berdampak pada melemahnya otot panggul, usia, kelebihan berat badan, sering mengangkat beban berat, serta adanya peningkatan tekanan dalam perut seperti batu kronis.

Tapi yang perlu kamu ketahui adalah penyakit ini juga bisa disebabkan karena terlalu mengejan akibat sembelit saat buang air besar. Untuk gejalanya kamu akan merasakan keluhan sakit seperti ditarik-tarik dibawah panggul atau pegal-pegal pada bagian bawah perut. Jika hal ini sudah menyerang kamu segeralah kamu hubungi dokter supaya keluhan kamu lekas sembuh.

5.    Ngeden bisa mengakibatkan serangan jantung

Waah ternyata tidak tanggung-tanggung Ya bahaya dari ngeden, ngeden bisa membuat kamu serangan jantung loh.  Dalam beberapa kasus, kamu pasti pernah mendengar ada orang yang yang meninggal saat buang air besar. Ngeden dapat memicu serangan jantung yang berhubungan dengan saluran pembuluh darah menuju jantung.

Ketika orang yang mengejan ini punya plak atau bisul, sewaktu-waktu bisul itu bisa pecah akibat tekanan saat mengejan dan pecahnya akan terbawa kemana-mana mengikuti aliran darah. Dan pada saat melalui pembuluh darah yang sempit, maka pecahan-pecahan bisul itu bisa memicu penyumbatan hingga terjadilah serangan jantung yang mematikan. Aduh seram sekali ya…

Demikianlah beberapa bahaya akibat ngeden atau mengejan yang terlalu semangat alias keras saat buang air besar. Makanya kamu sangat perlu membiasakan gaya hidup sehat dengan mengusahakan buang air besar secara teratur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tercerna dari dalam tubuh kamu. dan untuk kamu perbanyaklah untuk minum air putih guna membantu pencernaan. Semoga bermanfaat.

Silakan di share atau bagikan ya...


baca jaga gadget bisa berefek buruk buat kesehatan kamu, klik disini ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar