Rabu, 22 Juni 2016

Ternyata Wudhu Bermanfaat Bagi Kesehatan


Dia bernama Dr. ahmad syauqi Ibrahim seorang pakar penyakit dalam dari London. Dia mengatakan bahwa mencelupkan anggota tubuh kedalam air akan mengembalikan kekuatan tubuh, mengurangi kekejan pada saraf otot, dan menormalkan detak jantung, serta menurunkan kecemasan dan insomnia atau susah tidur.


Kemudian hal ini juga diperkuat oleh para pakar saraf atau neurologitis karena mereka juga telah membuktikan bahwa air wudhu yang medinginkan ujung saraf jari-jari dan kaki bisa meningkatkan kosentrasi, dan begitu pula dengan ujung saraf anggota tubuh lain yang kita basuh saat berwudhu.

Keistimewaan lain dari wudhu adalah ketika membasuh anggota tubuh maka secara otomatis pembuluh darah akan bekerja lebih cepat dengan sangat gesit mengalirkan darah ke seluruh tubuh kita. Dan pada saat darah mengalir kesuluruh tubuh termasuk juga bagian kulit, kelenjar peluh akan langusng bekerja menyodot darah-darah kotor dan membuang keluar. Waah ternyata luar biasa ya dari wudhu yang biasa kita lakukan.


1.       Wudhu bermafaat bagi jantung
Tahukah anda bahwa yang paling berat tugas jantung adalah memompa darah mengalir ke kepala, telapak tangan, dan juga kaki. Tahukah kamu kenapa ? itu karena ketiga anggota tubuh tersebut letaknya paling jauh dari jantung. Dan ketika anggota tubuh tersentuh air wudhu yang sejuk, maka jantung akan langsung memompa darah dengan kuat menuju tiga anggota badan yang berjauhan itu. 

Bersamaan proses tersebut secara otomatis pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh sebagai reaksi alami untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang dingin karena guyuran air wudhu.
Pada saat itu juga darah akan mengalir dengan sangat lancar kewajah, tangan, dan juga kaki dengan demikian wudhu tak hanya sebuah kewajiban agama namun juga membantu meringankan beban kerja jantung.

2.       wudhu bermanfaat bagi ginjal
untuk mengeluarkan toksik atau racun yang kita kenal dengan darah kotor yang dilakukan oleh ginjal dan dibuang bersama air seni. Salah satu fungsi ginjal adalah mengeluarkan toksik atau racun yang kita kenal dengan darah kotor, dan ginjal mengeluarkan racun itu melalui proses pembuangan air seni. Tapi bagi kamu yang gemar berwudhu ada cara lain untuk mengeluarkan racun tersebut. Yaitu dengan wudhu, karena ketika itu air wudhu menyentuh kulit, kelenjar keringat akan langsung menyedot racun dalam darah dan membuangnya dari dalam tubuh melalui bulu-bulu yang tumbuh pada kulit kita.

Pada saat itu darah kotor dibagian tubuh yang di basuhi air wudhu tertarik keluar dan kemudian disapu bersih oleh air wudhu berikutnya yaitu air wudhu yang ke 2 dan ke 3. Dan inilah salah satu makna kenapa kita harus membasuh sampai 2 atau 3 kali.

Jadi selain itu wudhu juga mampu mengurangi sedikit beban kinerja ginjal dan akan mempersempit kemungkinan resiko terkena penyakit ginjal. Selai itu juga bisa menghidari dari penuaan dini.

3.       Wudhu bermanfaat bagi sistem saraf
Tubuh kita ini sebenarnya mengandung linstrik positif dan negative. Berdasarkan penelitian semua penyakit yang diderita oleh manusia lebih banyak disebabkan oleh kekacaun ini yang kemudian berefek pada aktifitas organ tubuh. Kekacauan ini disebut dengan kekacauan biolistrik yang bisa diatasi melalui sistems saraf. Urat saraf, terutama urat yang mengandung tenaga yang bersifat sensoric, yang tersusun secara rumit dan tidak terlihat. Dari sinilah rahasia wudhu mulai terungkap.
Tahukah kamu ujung saraf yang ukurannya sebesar helai rambut itu berfungsi membuang kelebihan listrik negative dari setiap organ tubuh kita, waah luar biasa yah. 

Berdasarkan pengamatan, telapak tangan luar yang mengarah keujung-ujung jari kita sebenarnya memilki ujung saraf yang keras seperti kawat baju namun sangat halus. Coba kamu perhatikan pangkal jari-jari kamu. Biasanya ada tumpukan bulu, dan disitulah ujung-unjung saraf itu berada. Suhu panas tubuh yang mengendap sebenarnya terdapat pada sela-sela saraf motorik. Yang terletak diantara kelingking, jari manis, dan juga jari tengah dan pada pangkal telunjuk kita. Sebenarnya wudhu sangat canggih meskipun itu perbuatan yang sederhan.

Wudhu yang baik dapat dilakukan dengan menyiramkan air ke anggota tubuh yang harus dibasuh atau diusap dan memijat-mijat ujung ujung saraf jemari tangan dan kaki, untuk itu ada baiknya kamu meyediakan tempat duduk dan tumpuan kaki seperti di mekah dan madinah.

Dan satu lagi ternyata wudhu dengan dingin dapat membantu mengefektifkan kerja saraf. Karena rangsangan dari air dingin berdampak positif dari kinerja saraf pusat yang ada diotak. Oleh karena itu setelah wudhu kamu biasanya merasakan suasana segar yang tidak kita rasakan wudhu. Mungkin ini juga sebagai penyebab rasulullah menyuruh kita untuk wudhu saat sedang stress, panik, sedih dan juga khawatir.

4.       Wudhu bermanfaat untuk kecantikan
Wudhu memiliki rahasia besar untuk kesehatan bahkan juga untuk kecantikan bagi para kaum hawa. Kenapa bisa demikian ? beberapa penelitian membuktikan dan didalam al-qur’an dan hadits pun telah menjelaskan secara rinci. Dan akan mengahsilkan cantik yang alami dan terpancar dari dalam.

Setiap selesai wudhu maka kulit wajah akan seperti dirawat dan dibersihkan dari gangguan atau kotoran karena pada saat wudhu semua debu-debu yang menempel akan bersih dengan sendirinya. Maka dengan demikian wajah akan tampak segar, bersih dan juga sehat. Dengan wudhu setiap saat berarti kamu telah melakukan perawaan secara rutin. Karena pada saat wudhu kamu telah membersihkan seluruh wajah hingga 3 kali, membersihkan mulut, hidung, lobang telinga dan wajah. Jadi kulit kamu akan benar-benar bersih. Tampa harus pake bedak yang terkadang bisa bahaya.

5.       manfaat wudhu sebelum tidur
otot-otot kita sebelum istirahat perlu dirilekskan dan wudhu bisa melakukanya. Mungkin hal ini tidak perlu banyak penjelasan karena bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran. Bahwa percikan air yang dilakukan saat wudhu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karena lelah beraktifitas seharian. 

6.       Wudhu mampu mencerahkan kulit wajah
wudhu juga dapat mencerahkan kulit wajah, karena kinerja wudhu akan menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Dan semua kotoran yang menempel pada kulit wajah akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kamu akan menjadi cerah dan bersih.

Dari semua manfaat wudhu yang sudah kita uraikan diatas manfaat yang lebih penting lagi adalah kita akan di do’akan oleh para malaikat. Demikianlah manfaat air wudhu bagi kesehatan dan jangan lupa share ke teman-teman agar semua orang tahu kebaikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar