Jumat, 17 Juni 2016

5 resep masakan, untuk kesayanganmu yang terserang flu dan demam parah


Kondisi cuaca panas terik dan hujan deras yang tidak menentu belakangan ini menjadi salah satu alasan dan penyebab demam dan flu menyerang kesayangan anda karena daya tahan tubuh yang lagi tidak bagus. Meski demam dan flu terdengar sebagai penyakit yang ringan, tapi pada kenyataannya penyakit ini sangat menganggu aktifitas pada bebebarap kegiatan.

Jika kesayanganmu sedang mengalami kondisi yang seperti itu, maka kamu tidak perlu bingung dan galau untuk memanjakannya. Karena kamu cukup dengan memasak makanan  yang akan membuatnya lebih segar dan fit. Sekarang coba anda lihat menu-menu yang akan saya sajikan dibawah ini sebagai panduan membuat makanan special untuk kesayangan mu dan itu dari tangan anda sendiri.


Bubur ayam, bubur ayam adalah makanan favorit bagi mereka yang sedang demam kamu tidak akan merasakan kesulitan karena membuatnya mudah.

Bubur ayam sudah menjadi makanan favorit dan menjadi makanan wajib untuk dinikmati ketika sedang merasa kurang fit dan tidak enak badan. Terkadang nafsu makan yang hilang muncul kembali setelah mencicipi bubur ayam yang lezat dan lembut, sehingga mempermudah proses mengunyah dan pencernaan. Kamu pasti bisa dengan mudah membuat bubur nasi karena pada dasarnya bubur terbuat dari bahan nasi dan kamu bisa membuat bubur nasi menjadi lezat dengan bahan dan cara dibawah ini:

Bahan utama:
  • Beras 250 gram,   
  • Air 1200 ml,  
  • Garam 1 sendok makan, 
  • Daun salam 1 lembar, 
  • Daun bawang 1 batang dicincang halus, 
  • Seledri 2 batang dicincang halus, 
  • Daging ayam 250 gram dipotong-potong

Cara membuat :
Pertama kita harus menuangkan air matang dan beras secara bersaman, setelah mendidih, kita tambahan garam dan juga daun salam agar buburnya memliki aroma harum yang dapat menggoda selera yang menciumnya. Kalau kamu ingin bubur nasi yang tawar jangan masukkan garam.

Setelah itu kamu harus mengaduknya sampai beras jadi mengental dan menyerupai bubur yang biasa kamu lihat. Sambil terus diaduk, dan pastikan memasaknya dengan api kecil dan jika kamu rasa terlalu kental kamu bisa menambahkan air panas secukupnya.

Sambil menunggu buburnya matang, kamu rebus juga potongan-potongan  ayam. Kemudian tambahkan ayam rebus, daun bawang dan daun seledri, lalu aduk sebentar sampai merata setelah itu matikan apinya.

Dan kamu sudah bisa menyajikan bubur itu selagi hangat untuk kesayaganmu. Untuk tambahan isi lainnya kamu bisa sesuaikan selera.

Sup ayam, sup ayam akan membuat kesayangan anda segera membaik dari demam dan flu

Sup ayam bisa menjadi salah satu obat dan solusi untuk kesayanganmu karena pada sup tersaji banyak vitamin dan protein sekaligus. Membuat sup tidak menguras banyak waktu karena membuatnya sangat simple. Coba yah resepnya:

Bahan utama: 

  • Daging ayam 500 gram cuci bersih lalu potong kecil kecil, 
  • Kentang secukupnya dan potong dadu, 
  • Wortel 2 buah potong dadu, 
  • Bawang putih 2 siung  dikeprek, 
  • Jahe 2 cm dikeprek, 
  • Seledri 2 batang dipotong kecil, 
  • Daun bawang 1 batang dipotong kecil, 
  • Jeruk nipis 1 buah peras airnya saja,  
  • Merica bubuk 1 sendok teh, 
  • Garam 2 sendok teh, 
  • Gula pasir 1 sdt, 
  • Serai 1 batang, 
  • Air 500 ml



Cara membuat :
Pertama kamu harus lumuri ayam dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 10-15 menit, setelah itu cuci ayam kembali dan tiriskan. Selanjutnya, didihkan air kemudian masukkan daun bawang dan seledri yang sudah dipotong kecil. Lalu kamu masukkan ayam dan kecilkan api. Sambil menunggu, kamu bisa menumis bawang putih yang sudah dikeprek dalam wajan yang lain untuk kemudian bawang tersebut dimasukkan kedalam kuah tadi. Lalu masukkan jahe serta serai untuk menghilangkan bau anyir dari ayam. Jika ayam sudah empuk, kamu boleh masukkan wortel dan kentang.

Terakhir, masukkanlah bumbu penyedap yang sudah disiapkannya, yakni merica, garam dan juga gula. Cicipilah jika terasa ada yang kurang kamu bisa tambahkan sesuai selera. Aduk hingga mendidih dan angkat. Sup ayam siap kamu sajikan boleh juga ditaburi dengan bawang goreng.

Sayur bayam dan jagung manis bening, buatlah kesayanganmu menjadi bugar dan kuat kembali dengan bayam dan jagung

Sayur bayam dan jagung manis akan mengembalikan kekuatan kesayanganmu seperti popeye. Jika kamu membuatnya sayur bayam bisa dijamin dia akan segera merasa jauh lebih baik. Membuatnya nya juga tidak terlalu sulit coba lihat resepnya :

Bahan utama: 

  • Daun bayang 2 ikat disiangi terlebih dahulu
  • Wortel 4 buah potong dadu
  • Jagung manis 1 buah potong sesuai selere
  • Tomat 1 buah
  • Bawang merah 3 buah potong halus
  • Bawang putih 2 siung iris tipis
  • Air 800 ml
  • Garam dan merica secukupnya
  • Kaldu bubuk sesuai selera
Cara membuat :
Pertama didihkan air, lalu masukkan wortel dan jagung. Tunggu beberapa saat, lalu masukkan bahan yang sudah diiris halus. Setelah itu wortel dan jagung dirasa cukup empuk, lalu masukkan bayam hingga daun berubah sedikit layu, lalu masukkan garam, merica, kaldu bubuk secukupnya. Aduk terus sampai daun bayam benar-benar layu lalu matikan api. Setelah itu bayam siap dihidangkan untuk orang kesayangan anda.

4.       Pudding roti kukus, selain jenis sayuran kamu juga bisa mengembalikan mood kesayangan anda menjadi lebih baik dengan pudding roti kukus. 

Roti merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, dan ini sangat bisa membantu mengembalikan kekuatan tubuh kesayangan anda yang sedang terkapa lemah. Ada yang bilang kalau roti tidak bisa diolah menjadi sesuatu makanan yang lain, kata siapa ?. ini kamu bisa membuat pudding roti kukus untuk orang kesayangan anda. Dan anda tidak perlu khawatir dalam membuatnya karena membuatnya sangat mudah. Yuk kita lihat resepnya.

Bahan utama :
1.       Roti tawar 1 pak sesuaikan selera
2.       Telur 2 butir
3.       Susu cair tawar 100 ml
4.       Keju 50 gram diparut
5.       Gula sesuai selera
6.       Susu kental manis 1 bungkus
7.       Vanilli 1 sdt
8.       Santan

Cara membuat :
Pertama kita potong roti kecil-kecil, lalu anda bisa susun di dalam Loyang. Berikutnya kita kocok telur, gula, susu, dan vailli sampai semuanya tercampur dengan baik, lalu kita masukkan santan. Setelah semuanya tercampur, kita tuangkan kedalam Loyang yag sudah terdapat roti lalau kita kukus hingga matang. Dan setelah matang, anda bisa memasukkannya kedalam kulkas. Sebelum anda sajikan dingin-dingin, anda bisa menambahkan susu kental manis dan keju parut diatas pudding roti kukus yang kita buat tadi.

5.       Bubur sumsum, bubur sumsum akan membuat kesayangan anda segera sembuh karena dia pasti suka dengan bubur sumsum.

Selain ke 4 makanan yang diatas anda juga bisa membuat bubur sumsum untuk kesayangan anda. Dia pasti suka karena bubur sumsum sangat enak, tekstur bubur sumsum yang lembut akan membuatnya dengan cepat mengunyah dan dengan kuah yang manis akan membuat kesayangan anda merasa kembali bertenaga. Silakan dicoba karena membuatnya tidak sulit.

Bahan utama :
1.       Tepung beras 400 gram
2.       Santan kelapa 1500 ml
3.       Garam halus 1 sdt
4.       Daun pandan 2 helai
Bahan kuah :
1.       Gula merah 400 gram
2.       Air bersih 200 ml
3.       Daun pandan 1 helai

Cara membuat :
Pertama campurkan santan, tepung beras, dan juga garam dalam panci berukuran sedang. Lalu aduk sampai rata dan anda harus mengaduknya selagi dingin sampai tepung menyatu dengan santan dengan sempurna sehingga tidak ada lagi gumpalan. Setelah itu anda hidupkan api ukuran sedang dan aduk terus. Setelah itu masukkan daun pandang, lalu anda aduk sampai mengental dan meletup. Jika sudah meletup anda boleh matikan apinya lalu kita dinginkan.

Sambil kita menuggu dingin, anda bisa memasak air yang sudah anda siapkan dengan gula merah sampai mendidih, dan jangan lupa masukkan daun pandannya. Dan kalau gula merah sudah cair, lalu kita angkat kemudian dinginkan lagi.

Jika semua itu sudah anda lakukan dengan baik maka bubur sumsum sudah siap untuk dihidangkan untuk kesayangan anda.

Demikianah menu makanan yang bisa dengan mudah anda membuatnya dan tidak perlu banyak membuagkan waktu dan tenaga. Dan mudah-mudahan dengan makanan yang anda buat sendiri bisa membuat kesayangan anda pulih kembali. Disamping itu anda juga harus memberikannya vitamin c dan yang paling penting adalah anda harus mendoakannya. Semoga kesanyangan anda cepat sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar